Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil tidak mau hidup dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Menghadapi berbagai masalah pada mobil terkadang menimbulkan kepanikan dan emosi tersendiri, ya. Apalagi jika mobil yang Anda kendarai tiba-tiba gagal dihidupkan. Bayangkan betapa terkejutnya Anda jika ada keadaan darurat dan tempat yang memaksa Anda untuk menjalankan mobil Anda dengan cepat.

Namun jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab mobil tidak mau hidup agar anda bisa lebih mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil yang tiba-tiba tidak mau hidup saat ingin digunakan. .

Hal utama yang harus dilakukan saat menghadapi masalah ini adalah bersikap tenang dan tidak takut. Kepanikan dalam situasi sulit justru membuat semakin sulit mencari jalan keluar saat itu. Mengontrol pernapasan Anda untuk ketenangan adalah cara jitu untuk mengatasi kecemasan.

Karena mobil tidak bisa dihidupkan

Pemula mobil

Mobil yang tidak mau menyala Atau seterusnya, seringkali memiliki beberapa penyebab yang sudah lama tidak ditemukan. Coba ingat-ingat, pernahkah Anda mengalami kerusakan ringan pada mobil kesayangan Anda dalam beberapa hari atau minggu terakhir?

1. Masalah dengan tiang baterai

Mobil yang tidak mau menyala biasanya bermasalah dengan lampunya. Periksa dan bersihkan baterai segera. Kutub (+) pada aki biasanya paling cepat kotor dan berkarat. Kotoran dan kerak yang terkumpul di tiang dapat mengganggu kinerja aki bahkan menyebabkan kerusakan sehingga membuat mobil sulit untuk dihidupkan atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali. Melakukan pengecekan dan pembersihan aki secara rutin tentunya akan mengurangi resiko mobil mogok dan sulit untuk dinyalakan.

2. Dinamo starter

Alasan lain mengapa mobil sulit dihidupkan adalah dinamo starter. Dinamo starter adalah salah satu komponen yang menggerakkan dinamo mobil untuk menghidupkan mobil.

Jika dinamo starter rusak, tentu secara otomatis akan mempengaruhi tenaga starter mobil. Untuk mobil manual, masalah seperti itu masih bisa diatasi dengan cara mendorong mobil. Namun solusi satu-satunya untuk mobil matic adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat.

Jika dinamo starter mati, jangan memaksakan mobil untuk berjalan, karena justru akan membuat dinamo menjadi terlalu panas dan merusak dinamo starter. Kondisi dinamo yang panas dapat menyebabkan beberapa komponen penting pada mobil terbakar.

Baca juga: Penyebab Mobil Bangkrut dan Cara Mengatasinya

3. Periksa bagian kelistrikan mobil

Agar mobil dapat menyala dengan sempurna saat dinyalakan, beberapa komponen penting pada sistem kelistrikan mobil harus selalu dalam kondisi baik. Sebelum memulai perjalanan, lakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada bagian-bagian penting mobil agar kerusakan dapat terdeteksi lebih dini.

Cara mengatasi mobil susah di starter

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab mobil susah dihidupkan, ada baiknya Anda melanjutkan membaca cara mengatasi mobil susah dinyalakan agar gangguan tersebut tidak merusak semangat Anda dalam berkendara.

1. Periksa kondisi baterai dan sekring

Jika mobil Anda tiba-tiba gagal dihidupkan, periksa dan sambungkan kembali aki. Periksa aki dengan cara mengecek voltase untuk mengetahui kondisi ketinggian air. Jika masalahnya adalah baterai, Anda dapat melompat dengan mobil lain.

Namun jika jumper sudah dibuat dan mobil tetap tidak bisa menyala, jika ada yang terputus atau ada masalah pada sistem kelistrikan, coba perhatikan kondisi sekringnya. Jika sekring putus, solusi yang bisa diambil adalah segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Baca juga: Penyebab Tabrakan Mobil dan Cara Mengatasinya

2. Periksa karburator

Karburator yang tertutup debu dan kotoran akan mencegah mobil menyala saat dinyalakan. Lakukan pengecekan pada karburator untuk memastikan bahwa karburator dalam keadaan bersih dan tidak ada masalah di dalamnya. Karena karburator yang kotor pada mobil yang menggunakan sistem EFI akan menimbulkan masalah serius pada mobil, salah satunya adalah mobil sulit dihidupkan.

3. Periksa motor starter

Motor starter adalah komponen di dalam mobil yang berfungsi untuk menggerakkan roda pada mesin mobil. Jika motor starter rusak, tentu mobil akan sulit dihidupkan. Periksa dinamo dan periksa apakah Anda mendengar suara asing dari komponen ini. Jika masalah berlanjut dan mobil tetap tidak bisa dihidupkan setelah dinyalakan, segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

Nah, itu tadi beberapa Mengapa mobil sulit dihidupkan dan bagaimana cara memperbaikinya Tepat. Sebelum panik dan langsung membawanya ke bengkel, ada baiknya Anda mengecek berbagai bagian mobil. Jangan lupa untuk memeriksa apakah mobil tersebut laik jalan sebelum Anda bepergian. Jaga kebersihan dan kualitas suku cadang di dalam mobil agar mobil kalian tetap aman dan sehat ya guys. Selamat mengemudi.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news