Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil lumpuh dan cara terbaik untuk mengatasinya

Kelasmekanik.com – Begitu mesin mobil di pagi hari atau setelah tidak digunakan selama beberapa waktu, mesin atau mobil bergetar tidak normal. Ini dikenal sebagai mobil bocor. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera cari tahu penyebab mobil bermasalah yang Anda alami.

Mengapa penting untuk mengetahui penyebab mobil wheelie? Pincang yang terjadi berarti ada masalah pada mesin. Meski hanya bergetar dalam waktu singkat, namun bisa menyebar ke organ lain jika masalahnya tidak terdeteksi dan segera ditangani. Pada tahap selanjutnya, kecepatan mobil mungkin tidak stabil.

Meski pada awalnya mobil bocor bisa jadi mudah. Jika terdeteksi sejak dini, Anda bisa mengatasinya tanpa harus langsung ke bengkel.

5 penyebab mobil timpang yang perlu Anda ketahui

Piston mobil

Sudah disinggung di atas bahwa mobil yang lumpuh sesaat pun tidak boleh disepelekan. ayo cepat Cari tahu mengapa mobil itu dirancang Memeriksa bagian yang berbeda. Untuk membantu dan memudahkan dalam mendiagnosis masalah goyangan mobil, ketahui beberapa faktor di bawah ini.

1. Masalah pada Pengapian Busi

Busi adalah bagian pertama yang harus diperiksa ketika Anda merasa ada masalah pada mesin mobil yang bergetar tidak normal. Busi yang rusak mencegah pengapian bekerja dengan benar dan mesin tidak mau hidup.

Periksa busi dan perhatikan kondisinya. Jika ujung busi terlihat basah, Anda harus menggantinya untuk mendapatkan hasil bakar yang baik.

2. Masalah koil

Koil biasanya terletak di silinder dekat busi. Ini bisa menjadi masalah saat Anda mengganti busi dan tidak melihat hasil. Bagian ini kemungkinan ada masalah pada koil atau silindernya, jika ingin mengetahui hasilnya sebaiknya coba ganti atau ubah posisi koil.

3. Injektor bahan bakar rusak atau tersumbat

Getaran kecil yang menyebabkan mobil berderak tidak selalu menimbulkan masalah pada busi. Mungkin bagian lain yang berhubungan dengan pembakaran.

Salah satunya injeksi bahan bakar tersumbat atau rusak. Jarum bisa tersumbat karena kotoran yang menumpuk.

Baca Juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

4. Ring piston dikurangi dan silinder selesai

Masalah lain yang dapat menyebabkan mobil Anda berjalan tidak menentu adalah tekanan kompresi yang rendah. Jika Anda melihat kompresi mengalami hal ini, berarti fungsi ring piston berkurang atau bagian silinder ini aus.

Perawatan rutin dan penggantian oli mesin penting di sini untuk mencegah mesin aus karena gesekan internal.

5. Filter udara, filter bahan bakar, dan atau kontrol kecepatan idle tersumbat

Bukan hanya injektor bahan bakar yang rusak atau tersumbat yang menyebabkan mesin terbakar tidak sempurna. Filter udara, filter bahan bakar, dan pengatur kecepatan idle juga dapat tersumbat oleh kotoran.

Cara terbaik mengatasi penyebab mobil rusak

Apa yang harus Anda lakukan saat mobil berguncang secara tidak normal dan bahkan tidak mau hidup? Ini bisa terjadi pagi-pagi sekali atau sore hari saat bengkel belum buka.

Jangan panik dulu, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahuinya. Menyebabkan mobil roda dan mengalahkan mereka Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke bengkel.

1. Jangan panik dan siapkan sarung tangan karet

Jangan langsung panik saat mobil yang Anda kendarai bertingkah seperti orang brengsek, apalagi saat mesin tidak mau hidup. Carilah sarung tangan karet yang sering ditemukan pada perlengkapan kendaraan ringan. Sarung tangan ini sangat penting karena merupakan isolator yang dapat melindungi Anda dari panasnya mesin mobil dan listrik yang dihasilkan.

2. Periksa bagian busi

Seperti disebutkan di atas, mobil darurat seringkali disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Bagian busi mungkin menjadi penyebab pertama kerusakan, jadi sebaiknya periksa dan ganti terlebih dahulu.

Baca juga: Penyebab Tenaga Mobil Lenyap dan Cara Mengatasinya

3. Periksa silinder dan koil

Saat mengganti busi tidak berfungsi, Anda harus memeriksa silinder dan sekrup. Episode ini benar-benar menyalakan lilin. Karena itu, mungkin rotor yang terpasang di dalam silinder rusak.

Buka tutup silinder dan coba ganti gulungan di dalam silinder sampai Anda mendapatkan kerusakan yang benar. Jangan lupa memakai sarung tangan saat memeriksa silinder dan gulungan! Karena Anda harus mencoba menghidupkan mesin sekali.

4. Periksa tekanan

Tekanan kompresi biasanya ditunjukkan pada indikator suhu. Anda harus memeriksa silinder dan ring piston. Jika sudah terlihat tua, gantilah dengan yang baru.

5. Bersihkan semua filter pada mesin

Langkah terakhir dalam mengatasi mobil yang encer adalah dengan memeriksa dan membersihkan semua filter pada mesin. Filter yang kotor dapat menyumbat mesin.

Itu dia. 5 penyebab mobil beroda dan cara terbaik untuk mengatasinya Apa yang perlu Anda ketahui. Suatu hal yang sederhana namun sangat penting karena dapat membantu Anda ketika kesulitan mencari bengkel, lagipula dengan mengetahui sendiri penyebab dan penanganannya dengan lebih baik, Anda menghemat biaya bengkel bukan?


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news