Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mobil Mati Tenaga dan Cara Mengatasinya Agar Performa Lebih Kuat!

Kelasmekanik.com – Jika sedang asyik mengendarai mobil kesayangan, tiba-tiba mobil berhenti di pangkuan. Ini kadang-kadang menjengkelkan, bukan? Selain itu, kami tidak tahu apa penyebab mobil tersebut kekurangan tenaga, jadi itu saja.

Setiap mesin mobil memiliki jenis dan spesifikasi yang berbeda-beda. Namun jika sistem mobil bekerja dengan baik, performa mesin akan tetap baik. Nah, jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab mobil jelek ini agar terhindar dari fenomena di atas.

Ada banyak alasan mengapa mobil tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya, bahan bakar yang digunakan. Namun ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin pada mobil kesayangan Anda.

Sejumlah alasan dapat menyebabkan mobil kehilangan tenaga

Mobil bertenaga rendah

Alasan mesin Mobil yang kurang bertenaga Bisa dari bahan bakar. Karena bahan bakar inilah maka performa mesin biasanya dapat melaju dengan baik. Semakin baik bahan bakar yang digunakan maka semakin baik pula performa mesin mobil tersebut.

Nah, jadi sangat penting untuk mengecek mesin mobil Anda secara rutin untuk mengetahui bila mengalami masalah. Daripada penasaran, yuk simak 5 penyebab mesin ini kurang bertenaga!

1. Periksa dan bersihkan filter udara

Meski terlihat sederhana, peran filter udara ini sangat penting. Mengingat fungsinya sebagai penyaring udara dari berbagai kotoran yang dapat masuk ke dalam mesin mobil, maka seperti halnya manusia, mesin perlu mengambil oksigen selama proses pembakaran.

Nah, jika kondisi filter udara ini penuh dengan kotoran maka akan mengurangi asupan oksigen ke dalam mesin. Dan dalam banyak kasus, hal ini menyebabkan suara hembusan dan derak pada mesin mobil.

2. Terjadi proses overheating pada mesin

Pada dasarnya, merawat mesin mobil merupakan hal yang paling penting. Mesin dengan proses panas berlebih akibat cairan pendingin mesin kendaraan yang tidak beroperasi secara optimal. Hal ini menyebabkan ekspansi yang berlebihan dari bagian logam di mesin.

Overheating ini biasanya terjadi pada piston atau silinder. Jika terjadi pemuaian pada piston, gesekan antara piston dan dinding silinder bertambah. Apakah Anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya? Ya, pergerakan mesin akan semakin berat, sehingga tenaga akan berkurang, melemah dan menghilang.

Baca juga: Penyebab Tabrakan Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Pengapian sering bermasalah

Penyebab hilangnya tenaga mobil selanjutnya adalah unit pengapian. Pengapian basah mengurangi tenaga kendaraan. Ini karena proses pembakaran. Dan tenaga mesin otomatis berkurang.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi performa pengapian. Salah satunya adalah kerusakan pada kabel dan busi.

4. Busi kotor

Busi, benda kecil ini memiliki fungsi yang sangat penting. Karena hasil akhir pembakaran mempengaruhi lilin itu sendiri. Oleh karena itu kebersihan pada bagian ini juga harus diperhatikan, busi yang kotor biasanya menjadi masalah pada mesin anda.

Busi yang retak dapat mengganggu proses pembakaran mesin mobil kesayangan Anda. Anda benar-benar tidak menginginkannya? Masalah sederhana kalau begitu? 🙂

5. Kopling menjadi lelah dan lelah

Fungsi kopling ini biasanya digunakan di jalanan terjal. Namun, penggunaan kopling setengah pun menyebabkan gesekan pelat serta tekanan kopling dan pelat, sehingga cepat aus.

Saat melakukan perjalanan menanjak, cara yang paling mudah dan umum dilakukan adalah dengan menggunakan kopling setengah. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan kopling setengah menimbulkan gesekan antara pelat kopling dan pelat tekanan sehingga cepat aus.

Perlu Anda ketahui, jika area kopling aus maka akan menjalar ke bagian transmisi, karena akan mengalami selip. Hal ini juga berlaku saat jalan menanjak. Sebaiknya hindari penggunaan kopling setengah dan atur mesin sesuai dengan jalan agar performa mesin tidak dipaksakan.

Cara mengatasi mobil tidak bertenaga

Setelah Anda mengetahui penyebab dari mobil yang kurang bagus ini, Anda bisa langsung melakukan perbaikan yang tepat dan sesuai. Meski kebersihan mobil ini merupakan hal yang sederhana, namun sebenarnya berdampak besar pada performa mobil Anda. Nah, berikut cara mengatasi masalah mobil kurang bertenaga yang Anda lihat.

1. Periksa bahan bakar mobil Anda

Pengecekan kandungan bahan bakar juga sangat penting karena dapat merusak mesin mobil. Jangan biarkan itu berakhir!

Baca juga: Penyebab mobil bermasalah dan cara mengatasinya

2. Bersihkan filter bahan bakar

Pastikan mesin Anda selalu dalam kondisi stabil. Mesin mobil yang terlalu panas dapat menyebabkan hilangnya daya. Selain itu, jangan lupa kuras air radiator untuk mendinginkan mesin.

3. Periksa sistem pengapian

Periksa komponen pengapian seperti busi, koil, dll. Anda juga dapat mencoba menyalakan mesin mobil di ruangan gelap. Ini digunakan untuk memeriksa percikan api (kebocoran). Jika ya, segera ganti bagian yang rusak.

4. Sesuaikan secara teratur

Saat mobil Anda mengalami masalah, bawa ke bengkel mobil untuk segera diperbaiki. Ingat, jika kondisi mobil terus membaik, segera lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan setiap komponen pada mobil berfungsi kembali dengan baik.

Nah, sekarang sudah tahu kan? Apa Penyebab mobil low power dan cara mengatasinya! Yuk, rawat mesin mobil kesayanganmu agar tetap tampil maksimal.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news