Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baterai Listrik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Mendadak Panas, Ini Penyebabnya.

Baterai Listrik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Mendadak Panas, Ini Penyebabnya.

Reporter: Gooto.com

Editor: Kusnadi Chahyono

Jumat, 24 Maret 2023 08:55 WIB

Kelasmekanik.com, JakartaPemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid harus selalu menjaga aki mobilnya dalam kondisi baik. Salah satunya adalah agar kisi ventilasi tidak tertutup oleh benda lain saat mobil digunakan.

Ventilasi ada di bagian bawah kursi penumpang, pastikan tidak tertutup barang bawaan. Fungsinya untuk memasukkan udara dingin ke dalam kompartemen baterai agar baterai elektrik tetap dingin.

“Jika ventilasi dibiarkan tertutup maka pendinginan HV baterai akan terhambat dan temperatur akan meningkat. Kondisi ini akan menyebabkan baterai HV menjadi overheat dan kinerja akan menurun pada saat pengisian dan pengosongan. Oleh karena itu, jangan menutup saluran ventilasi untuk HV baterai di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid,” ujar Ali Rosiadi, Service Technician – Aftersales Business Division Auto2000.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Air vent grille di bagian bawah jok penumpang. (Foto: Auto2000)

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari dalam kabin melalui saluran intake udara berupa kisi-kisi udara. Jika pipa pemasukan udara tersumbat, maka aliran udara sebagai pendingin baterai HV akan terganggu atau hilang sama sekali.

Jika Anda tidak tahu apakah ventilasi ini terhalang oleh barang bawaan Anda, akan ada peringatan pada indikator baterai HV. Sehingga pengemudi bisa langsung mengetahui jika aki mengalami masalah pendinginan.

Jika baterai HV rusak, baterai ini tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator selama pengisian. Kondisi SOC (state of charge/charge) di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem dan mesin bensin terus hadir sebagai sumber tenaga utama kendaraan.

Ada proses pembersihan berkala untuk filter udara yang mengalir untuk mendinginkan baterai HV, serta pendingin inverter untuk filter saluran pendingin dan filter udara pendingin. Juga mengingatkan pelanggan akan perlunya selang air intake dan coolant filter untuk menjaga kondisi aki HV pada mobil Toyota.

Pilihan Editor: Tips mencuci mobil agar tetap terlihat berkilau

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news