Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android dan Laptop

Cara memperkuat sinyal WiFi Di rumah, Anda sering menggunakan smartphone atau laptop Android untuk menjelajah dunia maya. Ada banyak cara untuk meningkatkan kekuatan koneksi nirkabel Anda, namun kali ini kami telah merangkum 15 tips dan trik yang dapat membantu semua pengguna WiFi.

Kecepatan internet tergantung dari jenis layanan yang anda gunakan, kami disini hanya memberikan tips dan saran agar indikator sinyal wifi tetap stabil di perangkat yang anda gunakan untuk internetan 🙂 Selamat mencoba.
Baca juga: 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome

Cara memperkuat sinyal WiFi

  1. Membuat antena sederhana untuk memperkuat sinyal WiFi.
    Sinyal yang keluar dari modem atau router WiFi Itu meledak ke arah yang tidak teratur Dengan membuat antena sederhana diharapkan akan mendapatkan keluaran sinyal yang lebih banyak Terarah atau terfokus . Untuk melakukannya, silakan merujuk ke artikel ini: Mengkonversi antena modem ke WiFi extender
  2. Ubah modem atau router lama Anda menjadi repeater WiFi.
    Biasanya modem wifi memiliki fitur router. Cara merubah modem menjadi repeater umumnya sama yaitu dengan mengetikkan IP Modem Misal: 192.168.1.1, masukkan password dan biasanya settingan untuk merubah ke Wi-Fi repeater ada di menu access point. . Nantikan tutorial lengkapnya di artikel berikutnya kami ujicoba menggunakan modem Speedy WiFi merk Huawei.
  3. Matikan modem secara berkala.
    Jika modem terlalu lama, berarti pasokan listrik ke komponen modem terus menerus, yang meningkatkan suhu modem. Pada alat komunikasi yang mengirimkan sinyal, panas merupakan musuh utama, karena dapat menimbulkan noise pada sinyal yang dihasilkan. Istirahatkan modem Anda.
  4. Ubah kata sandi WiFi Anda secara teratur.
    Baca juga: Cara mengganti password WiFi Indihome
    Semakin sering Anda mengakses internet melalui modem, semakin banyak listrik yang digunakan modem tersebut.Selain menyebabkan modem cepat panas dan mengganggu kekuatan sinyal, bayangkan jika tetangga Anda menggunakan modem Anda dan menginginkan internet gratis? Tentu saja Bandwidth dibagi dengan tetangga Anda . Ubah kata sandi WiFi Anda secara teratur untuk menghindari pencurian koneksi oleh tetangga Anda.
  5. Hindari gangguan dari perangkat elektronik lainnya.
    Seperti yang sudah kami tuliskan pada trik nomor 3, selain panas, banyak hal yang mengganggu proses pengiriman sinyal modem WiFi, dan ini salah satunya. Gelombang elektromagnetik Perangkat elektronik seperti microwave dapat sangat mengganggu kekuatan sinyal modem WiFi Anda.
  6. Pastikan pengaturan router atau modem sudah sesuai.
    Sinyal WiFi tidak bisa menembus tembok, jadi pastikan jarak antara router atau modem dengan perangkat penerima sinyal berada di tempat yang sesuai, misalnya dengan menempatkan modem WiFi. Paralel Dengan perangkat yang menggunakan WiFi, seperti smartphone atau laptop.
  7. Tingkatkan perangkat WiFi Anda.
    Teknologi WiFi telah mengalami banyak perubahan. Hadirnya WiFi versi baru tentunya akan menambah kenyamanan Anda dalam menggunakan WiFi. Saat ini, versi WiFi terbaru adalah 802.11ac.

Cara memperkuat sinyal WiFi di Android

Dengan bantuan software gratis di perangkat Android, Anda bisa melakukan trik dan mengubah pengaturan di Android.Berikut cara memperkuat sinyal WiFi di Android.

  1. Ubah pengaturan frekuensi Wifi menjadi 5 GHz di Android.
    Pada perangkat Android lawas, frekuensi WiFi biasanya 2,4 GHz, namun kini banyak yang bisa menerima sinyal di atasnya. Frekuensi maksimum adalah 5 GHz Ini berarti spektrum sinyal Apa yang ditransmisikan akan lebih beragam . Pastikan modem WiFi Anda menggunakan frekuensi yang sama, jika Anda tidak yakin ikuti petunjuk ini.
    Pengaturan > Wi-Fi > Lanjutan > Pita Frekuensi Wi-Fi, lalu pilih Otomatis Maka secara otomatis smartphone Android Anda akan menggunakan frekuensi 5 GHz jika terdapat modem dengan frekuensi yang sama.
    Cara memperkuat sinyal WiFi di Android 1
  2. Periksa statistik sinyal WiFi Anda untuk menentukan lokasi terbaik.
    Saat terkoneksi dengan WiFi, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama WiFi Signal Strength. Aplikasi gratis ini memungkinkan Anda melihat kekuatan sinyal di lokasi tertentu di ruangan dengan sinyal WiFi. Gunakan aplikasi ini di Android Anda, lalu coba beralih di antara keduanyaPindahkan titik/lokasi hingga menemukan lokasi yang menghasilkan sinyal terbesar dan paling stabil.
    Cara memperkuat sinyal WiFi di Android 2
  3. Pastikan Anda menggunakan firmware Android versi terbaru.
    Android berfungsi seperti PC di mana perangkat lunak / driver perangkat keras diperlukan untuk membuat konfigurasi berfungsi sesuai kebutuhan karena sangat penting. Penting untuk memastikan bahwa firmware Android ada di versi terbaru. Untuk kinerja perangkat keras yang tinggi.
  4. Periksa casing ponsel Android.
    Lakukan test dengan speedtest.net, test pertama dilakukan dengan case, dan test kedua tanpa case, lalu bandingkan hasilnya, apakah lebih baik? Antena WiFi pada perangkat Android biasanya terletak di bagian belakang atau samping. Jika Anda membuka penutup baterai dan kualitas koneksi internet Anda membaik, casing Android Anda terlalu tebal atau mengandung bahan yang mengganggu sinyal WiFi.

Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop

Laptop biasanya sudah dilengkapi dengan onboard wireless adapter yang tentunya membutuhkan perlakuan khusus untuk mendapatkan sinyal WiFi yang baik. Beberapa cara memperkuat sinyal Wifi di laptop antara lain:

  1. Perbarui driver jaringan nirkabel Anda.
    Cari tahu perangkat keras WiFi apa yang digunakan laptop Anda, Anda dapat membuka pengelola perangkat di properti komputer saya, lalu centang bagian tersebut Adaptor jaringan biasanya mengandung istilah nirkabel Kemudian perbarui atau cari driver perangkat keras yang sesuai melalui situs web resmi pabrikan.
  2. Matikan tugas latar belakang yang memakan bandwidth.
    Cara memperkuat sinyal WiFi di Android 3Gambar di atas kami ambil saat menulis artikel ini sambil mendengarkan lagu di YouTube, sehingga Anda dapat melihat grafik penggunaan Internet di bagian Ethernet. Jika Anda tidak streaming atau menjelajah, tetapi Ethernet menunjukkan statistik yang meningkat secara signifikan, itu berarti ada latar belakang. Proses menggunakan sumber daya internet Anda sangat besar. Temukan dan nonaktifkan segera prosesnya agar koneksi internet Anda dapat dipulihkan dengan lancar.
  3. Gunakan penerima WiFi eksternal.
    Banyak penerima WiFi eksternal tersedia di toko peralatan komputer untuk memudahkan pengaturan posisi hingga Anda mendapatkan sinyal maksimal. Misal: 9 penguat sinyal WiFi dengan harga murah
  4. Pastikan hardware bekerja secara maksimal.
    Lakukan pemeriksaan rutin pada perangkat keras laptop Anda, pastikan ventilasi dan kelistrikan lancar dan berfungsi dengan baik. Jika arus listrik yang mengalir ke hardware penerima sinyal WiFi tidak menerima listrik dengan baik, otomatis kinerjanya akan menurun dan kemungkinan besar akan menurun. Adaptor WiFi Anda akan segera rusak.

Berikut beberapa tips dan trik untuk memperkuat sinyal wireless alias wifi, keadaan anda mungkin berbeda dengan kantor kami, jadi kami tidak bisa menjamin 100% tips dan trik di atas akan bekerja dengan baik di lokasi anda.