Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips cuci mobil agar tetap terlihat mengkilat

Kelasmekanik.com, Jakarta – Mencuci mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan, terutama yang memperhatikan detail kebersihan kendaraannya. Pastikan tidak ada sisa makanan di pantry yang dapat menampung serangga berbahaya.

Jika Anda memiliki waktu luang untuk mencuci mobil sendiri-sendiri, tentunya kendaraan bisa lebih bersih. Nah, berikut tempat cuci mobil yang direkomendasikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) bagi para pemilik mobil agar hasilnya tetap memuaskan.

  1. Cucilah benda yang paling kotor seperti ban dan velg terlebih dahulu

Area kolong mobil yang paling dekat dengan lintasan, seperti ban dan velg, biasanya merupakan bagian paling kotor dari mobil bekas. Pada bagian ini, pemilik mobil dapat menggunakan pembersih ban atau cairan khusus yang ditujukan untuk membersihkan ban dan velg. Kemudian untuk memudahkan dan menghilangkan kotoran, pemilik mobil bisa menggunakan sikat khusus. Jika pemilik mobil menggunakan shampo mobil, pastikan ban bekas dan busa ban tidak diganti atau digunakan kembali.

Pencucian mobil dilakukan secara terpisah. (Foto: Suzuki)

  1. Bilas seluruh mobil dengan air bersih yang mengalir

Setelah ban dan pelek bersih, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyemprotkan air bersih ke body mobil sebelum keramas untuk menghilangkan kotoran. Cara terbaik untuk menyemprotkan air adalah menyamping dan hindari menyemprotkan langsung pada area dengan lubang terbuka pada grill atau fender, terutama bagi pemilik kendaraan yang menggunakan air bertekanan tinggi. Cara ini bertujuan agar proses pencucian lebih aman untuk permukaan bodi atau bagian belakang ventilasi mobil.

  1. Mulailah mencuci dari atap mobil

Saat Anda mulai mencuci mobil, pastikan untuk menggunakan air, sampo, dan spons atau kain mikrofiber yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk mencuci ban dan roda. Setelah itu, mulailah dari atas atau paling bersih. Pastikan Anda mencuci mobil dengan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan melingkar. Pencucian dari atap mobil ini menyebabkan air sabun mengalir ke kaca depan, samping, dan belakang.

  1. Cermin, jendela dan kaca depan

Setelah membersihkan atap mobil, bagian selanjutnya yang perlu dicuci adalah bagian kaca seperti spion dan jendela. Pemilik kendaraan dapat membersihkannya menggunakan kain microfiber dengan air dan sampo.

Gunakan sendok untuk mencuci mobil dan sampo Anda berdasarkan pH 7. (Foto: Suzuki)

  1. Bagian bodi mobil

Setelah membersihkan kaca jendela, bersihkan bodi mobil dengan gerakan lembut dari atas ke bawah dari depan ke belakang. Pastikan juga untuk mencuci lampu depan dan belakang mobil. Hindari menggunakan alat pencuci yang kuat untuk menghindari goresan pada bodi mobil. Pemilik rumah bisa menggunakan kuas untuk membersihkan ruangan dengan lantai sempit atau banyak built-in.

  1. Cuci mobil dan keringkan dengan kain microfiber yang lembut

Shampo yang masih menempel di mobil harus dicuci bersih dengan air bersih sampai tidak ada yang ditemukan. Untuk menyelesaikan pencucian mobil bagian luar, pemilik kendaraan dapat mengeringkan body mobil dengan microfiber yang lembut karena kain ini memiliki daya serap yang baik dan tidak meninggalkan noda. Keringkan dengan baik, terutama pada bagian yang terkena air, seperti kaca depan, kaca jendela, dan lampu. Kain microfiber lembut yang cocok untuk permukaan mobil dan kaca.

Hariadi, Asisten Departemen Layanan. Kepala Penjualan PT Suzuki Indomobil Di tahun Dalam siaran persnya pada 30 Januari 2023, “Mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat lain, seperti melindungi mobil dari debu yang dapat menimbulkan goresan, menjaga kejernihan penglihatan saat berkendara, bahkan menjaga nilai kendaraan.” dan memastikan perlindungan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang. Pilih sampo khusus untuk mencuci mobil yang memiliki kadar pH sekitar 7 dan kandungan silikon minimal 60 persen. Selain itu, alat dan perlengkapan yang digunakan harus sesuai dan berkualitas baik.

Baca juga: Tips beli mobil bekas ala Autospector, jangan sampai salah pilih

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news