Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati dengan oli palsu! Toyota memberikan rekomendasi yang andal untuk memastikan kebenaran pengemasan gemuk TMO

Kelasmekanik.com, Jakarta – Anti-pemalsuan kode QR saat ini banyak digunakan oleh produsen oli di Indonesia. Dengan tingginya tingkat oli palsu pada kendaraan roda dua dan empat, konsumen terjebak dengan harga oli palsu yang lebih terjangkau daripada membeli dari pengecer oli resmi.

Toyota Astra Motor juga menyempurnakan Toyota Motor Oil (TMO) dengan menyematkan QR Code anti pemalsuan pada pelumas dan memperkenalkan fitur TMO QR Code Anti pemalsuan pada botol kemasan oli TMO sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengecek keaslian oli TMO untuk mereka sendiri.

Hadirnya fitur anti pemalsuan kode QR TMO dilatarbelakangi oleh kejadian yang belakangan ini terjadi di masyarakat, dimana peredaran oli palsu semakin meningkat dan meluas di pasaran.

Pihak berwenang tidak tinggal diam dan telah mengendalikan berbagai kejahatan minyak palsu. Namun, oli palsu masih beredar luas. Oleh karena itu, konsumen diharapkan lebih berhati-hati terhadap oli palsu. Apalagi jika tutup botol atau kemasannya ditemukan retak, rusak, kasar, atau tidak rata.

Anton Jimmy Suandi, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, mengatakan oli palsu berbahaya bagi konsumen karena dapat merusak mesin kendaraan, seperti bearing kendor, insulasi kurang memadai dan lain-lain. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keselamatan para pengguna kendaraan.

“Kami mengimbau pelanggan Toyota untuk mewaspadai peredaran oli TMO palsu. Dengan adanya fitur anti pemalsuan TMO QR Code, pelanggan dapat memverifikasi keaslian oli TMO sehingga lebih merasa aman dan terlindungi. Hal ini kami lakukan karena Toyota memiliki komitmen untuk memberikan total.” Pengalaman kepemilikan Dan Ketenangan pikiran Kepada pelanggan kami,” kata Anton dalam siaran pers yang diterima redaksi pada 18 Januari 2023.

Fitur anti pemalsuan kode QR tersedia di TMO yang dijual di seluruh jaringan resmi Toyota di seluruh Indonesia, maupun jaringan non-Toyota, seperti toko suku cadang.

Cara mengecek keaslian oli Toyota TimoMemverifikasi keaslian minyak TMO dapat dilakukan dengan memindai kode QR pada segel aluminium tutup botol TMO dengan ponsel. Dengan fitur ini, pelanggan mendapatkan 3 informasi: · Tentang menemukan produk asli (asli) · Informasi produk yang dipindai 1x (kemungkinan palsu) · Informasi produk yang tidak diketahui (kemungkinan palsu)

Selain itu, pelanggan dapat mengecek keaslian TMO menggunakan metode 4C (Select, Remove, Remove, Verify). Dengan cara ini, konsumen turut mengurangi penyebaran produk palsu karena konsumen harus menghancurkan kemasan tutup botolnya. Lepaskan kertas pelindung dari tutup botol plastik TMO Segel aluminium TMO Periksa kode QR yang tercetak pada segel aluminium tutup botol TMO. Selanjutnya untuk produk oli TMO asli, konsumen akan mendapatkan informasi scan QR code pertama kali yang artinya produk oli tersebut berasal dari pabrik dan belum pernah dibuka sebelumnya.

Untuk memastikan keamanan produk, Toyota Motor Oil Lubricant Packaging juga menerapkan sistem Menjerit dan mengangkatTutup dan botol disegel bersama untuk mencegah penggunaan kembali.

Baca juga: Mobil mewah Landcruiser Prado hadiah dari Satpol PP DKI, ini keuntungannya

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news