Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak dapat membuka Play Store? Inilah cara memperbaikinya

Tidak dapat membuka Google Play Store? Ada berbagai masalah seperti koneksi atau koneksi yang membuat aplikasi ini tidak bisa dibuka, namun jangan khawatir karena pada artikel ini Anda akan belajar memperbaiki masalah tersebut dengan mudah. Namun sebelum itu, kami memiliki beberapa artikel terkait smartphone Android yang mungkin Anda sukai:

Temui Tizen, sistem operasi smartphone yang menyaingi Android
15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android dan Laptop
10 smartphone dengan kamera 4K 2160p@30fps

Anda juga bisa membaca artikel dari androidpit tentang error code di Play Store dan cara mengatasinya.

Baca Juga : 10 Cara Mengalahkan Android Lemot dan Lemot

111 1. Hapus cache aplikasi Google Play Store

Anda biasanya dapat mengatasi masalah dengan aplikasi Play Store dengan membersihkan cache di aplikasi, cache berfungsi untuk mempercepat waktu pemuatan aplikasi saat sedang berjalan, tetapi cache yang kedaluwarsa terkadang menyebabkan masalah pada aplikasi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus cache

  • membuka Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Google Play Store > lalu ketuk tombol Hapus Cache.
    Tidak dapat membuka cache Google Play Store
    Membersihkan cache pada aplikasi Play Store seringkali memperbaiki masalah yang dihadapi oleh pengguna Android

21-05-2018 121 2. Hapus Data Aplikasi Google Play Store

Menghapus data di aplikasi Play Store akan mengembalikan aplikasi ke keadaan default hingga semua histori dan detail akun dihapus. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menghapus data aplikasi Play Store.

  • Sama dengan membersihkan level cache Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Google Play Store > lalu ketuk tombol Hapus Data.

3. Copot pemasangan pembaruan aplikasi Google Play Store

Aplikasi Play Store biasanya melakukan update secara otomatis tanpa sepengetahuan anda, masalah terjadi ketika update atau update tidak berjalan dengan baik, maka dengan menguninstall update di play store dapat mengatasi masalah tidak bisa membuka play store, caranya sebagai berikut :

  • Sama seperti langkah sebelumnya Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Google Play Store > lalu ketuk tombol HAPUS PEMBARUAN.

4. Hapus data dan cache di layanan Google Play

Layanan Google Play berfungsi untuk menyambungkan perangkat Android Anda ke semua layanan Google Play. Jika Layanan Google Play menyebabkan masalah pada Google Play Store Anda, ikuti langkah berikut untuk menghapus data dan cache di Layanan Google Play.

  • membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Layanan Google Play > lalu klik tombol Hapus Cache Jika langkah ini tidak menyelesaikan masalah Anda, kembali Kemudian tekan tombol Hapus Data kali ini.
    Hapus data cache Layanan Google Play Google Play Store tidak dapat dibuka.

5. Instal versi terbaru Layanan Google Play

Seperti disebutkan sebelumnya, aplikasi Google Play diperbarui secara otomatis tanpa sepengetahuan Anda, dan kesalahan dapat terjadi selama pembaruan. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengunduh dan menginstal sendiri layanan Google Play Versi terbaru melalui APKmiror.

6. Setel ulang akun Google Anda

Jika masalah aplikasi Play Store belum teratasi, Anda mungkin perlu login ulang ke akun Google yang terdaftar di smartphone Android Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • membuka Pengaturan > Akun Kemudian pilih Google
  • Pilih aktif akun Google atas nama Anda Lalu klik Klik tombol tambah (…) di sudut kanan atas layar lalu klik hapus . Jika ada lebih dari 1 akun Google, hapus semuanya dengan cara yang sama.
  • Buka selanjutnya Setelan > Akun > Tambahkan Akun > Google Dan masukkan kembali informasi login yang perlu Anda isi. Ini adalah proses pemulihan akun untuk Android.

7. Setel ulang Android ke default pabrik

Jika masalah yang anda alami tidak teratasi maka sebaiknya anda melakukan factory default atau factory reset pada smartphone android anda. Caranya adalah sebagai berikut.

  • membuka Pilih Pengaturan > Cadangkan dan setel ulang Pastikan untuk mengaktifkan Cadangkan Data Saya dan kemudian instal Reset data pabrik.
    Reset data pabrik tidak dapat membuka Google Play Store.
Langkah lain yang bisa mengatasi masalah Play Store tidak bisa dibuka:

Jika Android Anda sudah di-root, lakukan perubahan pada file host:

  • Buka pengelola file khusus root dan arahkan ke direktori sistem/etc/hosts Kemudian ubah file .
  • Tambahkan hashtag (#) sebelum IP Localhost (127.0.0.1).

Aktifkan pengelola unduhan

  • membuka Pengaturan > Aplikasi / Manajer Aplikasi > Semua > Pengelola Unduhan.
  • Jika aplikasi Pengelola Unduhan dinonaktifkan, aktifkan kembali dengan menekan atau mengetuk tombol Aktifkan untuk menghidupkan kembali aplikasi ini. (Setiap Android memiliki perintah yang berbeda) Pada dasarnya, Anda harus menjalankan aplikasi pengelola unduhan lagi)

Ini adalah beberapa cara mengatasi aplikasi Play Store yang tidak mau terbuka Jika langkah pertama menyelesaikan masalah Anda, Anda tidak harus melalui 8 langkah di atas. Temukan lebih banyak tutorial Android dengan mengunjungi situs web kelasmekanik.com.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news