Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil rusak dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Mobil mati saat bensin sedang menyala adalah salah satu masalah yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Penyebab mobil rusak sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah usia mobil.

Selain tidak nyaman saat digunakan, mobil yang kehabisan bahan bakar juga bisa menimbulkan risiko lain, seperti ketakutan mobil mogok atau mati mendadak saat digunakan. Mobil Tentunya dengan masalah seperti itu, Anda harus mendapatkan perawatan khusus, misalnya membawanya ke bengkel untuk perawatan dan perbaikan, serta mengganti beberapa komponen yang rusak agar operasional mobil kembali sempurna dan laik jalan.

Penyebab mobil rusak dan cara mengatasinya

mobil Brebet

Inilah beberapa di antaranya Penyebab kecelakaan mobil Antara lain yang harus Anda ketahui

1. Busi rusak atau kotor

Salah satu penyebab mobil rusak adalah busi yang kotor atau rusak. Periksa secara berkala kondisi busi mobil Anda untuk mengetahui tingkat kualitasnya agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Selain kotoran pada busi, perubahan celah busi atau gap busi menjadi pemicu terjadinya misfire pada mobil. Celah yang terlalu rapat atau rapat akan mempengaruhi proses pembakaran sehingga mobil tidak dapat bekerja dengan baik.

2. Kebocoran pada kabel busi

Selain busi yang kotor atau rusak, kabel busi yang bocor juga bisa menyebabkan goresan pada mobil. Dalam keadaan darurat, perbaiki permukaan dengan memasang isolasi listrik tahan panas untuk menutup kebocoran. Namun jangan lupa untuk mengganti mobil Anda dengan yang baru agar tidak terasa tidak nyaman saat dikendarai.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Mau Nyala dan Cara Mengatasinya

3. Masalah dengan koil penyalaan

Biasanya masalah pengapian atau belitan disebabkan oleh fakta bahwa nilai resistansi koil mulai meningkat. Masalah koil ini biasanya terdapat pada mobil yang menggunakan koil untuk setiap busi. Bahaya lain pada mobil yang menggunakan beberapa busi sekaligus tidak hanya kebisingan lampu, tetapi juga mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat menyebabkan mobil mogok dan sulit dihidupkan kembali.

4. Sensor EFI rusak

Injeksi bahan bakar elektronik atau EFI yang banyak digunakan pada mobil modern sepertinya tidak selalu menguntungkan. Sensor EFI yang rusak juga dapat menyebabkan mobil mogok saat dihidupkan. Masalah yang sering terjadi adalah Coolant Temperature Sensor yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada mobil akibat kesalahan diagnosa suhu cairan pendingin dan suhu cairan pendingin radiator.

Cara memenangkan mobil Brebet

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa penyebab tabrakan mobil, saatnya mempelajari cara mengatasi tabrakan mobil agar perjalanan menuju tujuan Anda lancar.

1. Periksa pipa reservoir

Periksa selang tangki mobil Anda yang mengarah ke pom bensin. Periksa kerak dan kotoran di dalam tangki. Jika tangki penuh dengan kerak dan kotoran, hal ini dapat menyebabkan goresan saat mobil digas. Bersihkan tangki mobil Anda segera sebelum kotoran dan kerak menumpuk, menyebabkan pompa bahan bakar tidak berfungsi dan mati.

2. Periksa kebersihan filter bahan bakar

Hal lain yang sering menyebabkan tabrakan mobil adalah adanya kotoran di filter bahan bakar. Filter bahan bakarnya sendiri memiliki dua katup terpisah antara pompa bensin dan karburator. Kotoran yang terkumpul di filter bahan bakar membuat mobil retak dan sulit dihidupkan.

Baca Juga : Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

3. Periksa fungsi busi

Busi adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Saat menyalakan mobil, periksa fungsi busi pada mobil agar mobil tidak mogok. Untuk mengecek apakah busi masih berfungsi atau tidak, pasangkan busi pada logam mesin. Jika lilin tidak menyala, berarti lilin tersebut telah kadaluarsa dan sudah saatnya diganti. Karena busi yang rusak dapat menyebabkan mobil mogok. Ingat saat mengganti busi, usahakan untuk memastikan busi baru merk yang sama dengan busi lama. Agar performa mobil Anda tetap terjaga, sebaiknya pilih busi yang direkomendasikan oleh banyak bengkel profesional.

4. Gunakan bahan bakar berkualitas

Untuk menghindari tabrakan mobil, pilih bahan bakar berkualitas premium seperti Pertamax atau Pertamax Plus agar mobil Anda tidak licin lagi. Bahan bakar berkualitas menjadikan mobil Anda aman dan nyaman digunakan, serta tentunya mencegah keretakan saat start.

5. Periksa kabel busi

Selain banyak cara yang disebutkan di atas, coba periksa kabel busi saat mobil Anda mogok. Kabel busi dapat menyebabkan mobil mogok jika retak atau putus di kompartemen katup. Jika kabel busi rusak seperti ini, segeralah ganti di bengkel resmi terdekat.

Inilah beberapa di antaranya. Penyebab tabrakan mobil dan cara mengatasinya Anda bisa menggunakannya sebagai referensi dan tambahan pengetahuan untuk menjaga kualitas mobil. Selamat mengemudi!


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news