Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil boros bahan bakar dan cara mengatasinya agar lebih irit

Kelasmekanik.com – Penyebab mobil boros bahan bakar adalah salah satu hal yang harus diketahui pengendara mobil. Penggunaan bahan bakar yang terlalu banyak pada mobil tentunya akan membuat Anda lebih boros dalam perawatannya. Meski mobil Anda sudah dilengkapi dengan teknologi electronic fuel injection (EFI), masih saja ada mobil yang boros bahan bakar.

Semua orang menginginkan mobil hemat bahan bakar saat pertama kali membelinya. Oleh karena itu, banyak pabrikan mobil yang mengeluarkan produk mobil baru yang irit dan hemat bahan bakar. Tapi tetap saja, kenapa banyak pengendara yang mengeluhkan banyaknya mobil yang boros bahan bakar?

Secara teori, salah satu penyebab mobil boros bahan bakar adalah menekan pedal gas terlalu keras. Karena semakin besar tenaga yang dimiliki mobil, semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan.

A harus melihat! Berikut ini adalah penyebab truk bahan bakar

Truk bahan bakar

Inilah beberapa di antaranya Penyebab mobil bahan bakar Hal-hal yang perlu diketahui antara lain:

1. Era mobil

Secara umum, seperti kendaraan lain, semakin lama mobil digunakan, semakin rendah kualitasnya. Ini adalah penyebab umum pemborosan bahan bakar di mobil. Hal ini menyebabkan permintaan bahan bakar yang tinggi.

2. Limbah filter udara

Sedikit diketahui, filter udara yang kadang diabaikan, adalah salah satu penyebab mobil bensin. Bersihkan filter udara secara rutin agar tidak terjadi knocking yang dapat menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis.

Filter udara pada mobil berfungsi untuk menyaring kotoran seperti debu, kertas dan lain-lain agar udara di ruang bakar tetap bersih. Penumpukan debu yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan filter udara menjadi kotor dan bensin lebih cepat habis.

3. AC sering menyala.

Hal lain yang menyebabkan mobil boros bahan bakar adalah AC yang sering dinyalakan pada suhu tinggi. Saat AC dihidupkan pada suhu tinggi, kompresor berputar lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan mobil cepat kehabisan bahan bakar dan boros. Gunakan AC dengan suhu sedang untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Penyebab Tabrakan Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Ban kempes

Siapa sangka, hal sepele seperti ini ternyata menjadi salah satu penyebab mobil boros bahan bakar. Ya. Karena ban kempes, mobil Anda bisa lebih cepat kehabisan bensin. Pasalnya, dinding ban mengembang dan menimbulkan gesekan di jalan, sehingga mobil membutuhkan tenaga lebih untuk terus melaju. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan bensin lebih cepat habis jika tidak digunakan secara teratur.

5. Konverter katalitik longgar

Catalytic converter merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan filter udara, yaitu menyaring kotoran dari aliran gas buang. Catalytic converter yang diadopsi tentunya akan berdampak signifikan terhadap limbah bahan bakar. Walaupun pada akhirnya performa mesin mobil akan semakin sempurna dan cepat, tentunya hal ini akan menyebabkan bahan bakar menjadi boros dan lebih cepat habis.

Cara mengatasi BBM boros agar lebih produktif

Setelah mencari tahu Penyebab mobil bahan bakarAspek lain yang kurang penting dalam mengemudi adalah mengetahui cara menanganinya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab truk boros bahan bakar:

1. Lakukan pemanasan mobil dalam waktu relatif singkat

Mobil yang dipanaskan dalam waktu lama akan cepat menguras bensin dan boros. Lakukan pemanasan mobil selama 1-2 menit sebelum digunakan.

2. Isi bahan bakar di pagi hari

Setiap pompa bensin menyimpan sejumlah bahan bakar di tangki bawah tanah. Di pagi hari, suhu tanah yang dingin menjadi semakin padat. Hal ini akan mempengaruhi jumlah bensin yang diisi mobil dibandingkan mengisi bensin pada siang hari.

Baca juga: Penyebab Mobil Lumpuh dan Cara Mengatasinya

3. Pastikan ban tidak kempes

Seperti disebutkan di atas, ban yang tidak dipompa dengan benar dapat menyebabkan bahan bakar yang keluar lebih banyak dari biasanya. Periksa ban sebelum Anda bepergian, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4. Servis mobil secara teratur

Jaga performa mobil Anda dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi agar tidak rusak dan boros bahan bakar. Pemeriksaan dan perawatan yang terus menerus pasti akan membuat kualitas mobil Anda semakin keren.

5. Jaga kebersihan filter udara

Saringan udara merupakan hal penting yang mempengaruhi kecepatan atau kehabisan bahan bakar. Lakukan pembersihan filter secara rutin agar bahan bakar mobil Anda tetap hemat dan bersih.

6. Isi bahan bakar sebelum terlambat

Pengisian bahan bakar yang terlambat merusak performa mobil, menyebabkan pemborosan bahan bakar. Isi bahan bakar saat bahan bakar setidaknya setengah.

Ada beberapa tips tentang cara menghadapinya Penyebab mobil bahan bakar Apa yang perlu Anda ketahui untuk membuat kualitas mobil Anda lebih keren dan menarik. semoga sukses.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news