Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mesin sulit idle dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Sepeda motor yang susah idle saat perawatan terjadi pada sepeda motor yang masih menggunakan model karburator dan biasanya tipe tersebut Sepeda motor Ini adalah tahun produksi sebelumnya/lama. Karena saat ini tipe sepeda motor sudah banyak menggunakan tipe modern yaitu injeksi, sistem yang sangat rumit.

Jenis injeksi ini memiliki banyak manfaat selain untuk mencegah atau memperlambat laju sepeda motor. Memang tipe injeksi jarang terjadi, sulit dipindahkan, berbeda dengan motor lawas. Namun bagi anda yang masih menggunakan motor tua dengan karburator, jika anda menemukan mesin yang tidak nyala, anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

Penyebab mesin sulit idle dan cara mengatasinya

Sulit untuk memperlambat penyebab mesin

Mesin yang sulit direm biasanya menjadi penyebab utama part karburator, namun bisa juga karena sebab lain, misalnya:

1. Karburator kotor

Selama masa perawatan atau servis, bagian karburator harus dibersihkan, hal ini untuk melepas saat tidak ada pemeriksaan mesin, sulit untuk melambat. Jika masih ada kotoran atau kerak yang menempel pada karburator serta komponen seperti pilot jet, main jet dan komponen kecil lainnya, semuanya harus bersih dan bebas dari debu dan kotoran.

Baca juga: Penyebab Mesin Rusak dan Cara Mengatasinya

2. Filter udara

Lakukan pembersihan pada material filter/filter udara. Semprotkan hingga bersih dan jika lapisannya tebal dan sulit dibersihkan, sebaiknya ganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah mesin menjadi lambat nantinya, karena udara yang masuk ke karburator terganggu.

Baca juga: Penyebab Mesin Lambung, Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

3. Setelan udara dan bensin di karburator tidak sesuai

Jika proses pembersihan karburator sudah dilakukan, filter udara juga dibersihkan dan semua komponen dipasang kembali pada rangkaian, maka langkah terakhir adalah pengetesan semua komponen dan mesin.

Hidupkan mesin sepeda motor, cabut gas tiangnya dan lepaskan perlahan dan perhatikan apakah suara mesinnya pelan atau tidak, jika tidak coba letakan di antara. Komposisi udara dengan Setelah bensin Di karburator. Sesuaikan kedua komponen dengan hati-hati dengan memutar main jet udara dan bensin sampai Anda mendapatkan tarikan throttle yang tepat dan suara mesin, dan Anda mendapatkan mesin sepeda motor yang halus.

Begitulah adanya. Cara mengatasi motor susah direm Demikian juga dengan penyebabnya, semoga membantu.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news