Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah menghubungkan Wi-Fi ke komputer

Tidak semudah mengakses internet melalui Wi-Fi di laptop dan perangkat Android. Ini karena tidak semua komputer desktop memiliki penerima nirkabel atau Wi-Fi.

Lalu bagaimana cara menghubungkan wifi ke komputer? Berikut ini kelasmekanik.com menuliskan perlengkapan atau perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi hingga level tersebut.

  • 111 1. Pastikan komputer menyala Adapter tanpa kabel

Adaptor nirkabel adalah perangkat yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Ada dua jenis adaptor nirkabel Adaptor nirkabel eksternal dan internal.

Cara mudah menyambungkan Wi-Fi ke komputer menggunakan adaptor nirkabel eksternal
Adaptor nirkabel eksternal
Cara mudah menyambungkan Wi-Fi ke komputer menggunakan adaptor nirkabel internal
Adaptor nirkabel internal
  • 13-05-2018 121 2. Instal driver wifi komputer

Jika Anda telah mengonfirmasi bahwa Anda memiliki adaptor nirkabel di komputer Anda, pastikan driver wifi diinstal dengan benar. Biasanya ketika Anda membeli adaptor nirkabel Anda akan menemukan instruksi atau cara menginstal driver.

Jika belum punya drivernya bisa cari di google dengan kata kunci “download wireless adapter {nama dan device series} driver”. Contoh: “Unduh Driver Adaptor Nirkabel TP-LINK 888”.

  • 3. Nyalakan WiFi di komputer

Setelah perangkat wireless adapter dan driver terpasang dengan baik, coba sambungkan komputer ke jaringan WiFi. Anda perlu terhubung ke jaringan nirkabel Aktifkan wifi di komputer Biasanya terletak di pojok kanan bawah atau di panel kontrol.

Cara mengaktifkan WiFi di taskbar komputer
Cara mengaktifkan WiFi di komputer melalui taskbar
Cara mengaktifkan Wi-Fi di PC melalui Control Panel (1)
Cara mengaktifkan Wi-Fi di komputer melalui panel kontrol

Untuk mengaktifkan Wi-Fi di komputer melalui Control Panel, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Di Windows, klik Mulai untuk membuka menu
  2. Pilih atau cari Panel Kontrol
  3. Setelah memilih koneksi jaringan di panel kontrol, Anda akan melihat jaringan Wi-Fi yang tersedia, jika tidak ditemukan, harap segarkan.
  4. Kemudian pilih salah satu hotspot Wi-Fi yang tersedia
  5. Klik tautan dan masukkan kata sandi. Jika Anda lupa kata sandi WiFi Anda, baca artikel tentang cara mengubah kata sandi WiFi Anda
  6. Jika koneksi internet melalui jaringan WiFi tidak terlalu stabil, letakkan komputer di ruangan yang dekat dengan modem atau gunakan salah satu Alat penguat sinyal wifi.

Anda juga dapat menonton tutorialnya dalam video di bawah ini:

Itu tadi cara mudah untuk menghubungkan Wi-Fi ke komputer, dimulai dengan cara install Wi-Fi di komputer dan menginstal driver Wi-Fi komputer dengan menggunakan cara di atas, tentunya Anda bisa menghubungkan komputer Anda ke internet melalui Wi-Fi -Fi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau menghadapi masalah saat menginstal adaptor nirkabel, menginstal driver dan menghubungkan komputer Anda ke internet melalui jaringan Wi-Fi, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah artikel ini.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news