Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengevakuasi mobil yang rusak akibat gempa

Tips mengevakuasi mobil yang rusak akibat gempa

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahadian

Selasa, 20 Desember 2022 18:00 WIB

Mobil hancur dan jalan rusak akibat gempa yang melanda desa Sarampad, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022. Akibatnya, kendaraan tidak bisa melintas untuk membawa bantuan bagi warga yang terluka. Warga yang terkena dampak gempa juga berharap bantuan seperti sembako, obat-obatan, selimut dan tenaga medis segera tiba. Tempo/Hillman Faturahman W

Kelasmekanik.com, Jakarta – Wilayah Jawa Barat baru-baru ini dilanda gempa dari Sianjur hingga Garut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga melaporkan adanya gempa di wilayah tenggara Maluku.

Oleh karena itu, para pengemudi dan pemilik mobil harus berhati-hati terhadap bahaya gempa di kawasan tersebut. Bagi Anda yang tinggal di dalam kendaraan, kemungkinan besar Anda tidak akan merasakan getaran tersebut.

Pasalnya, guncangan gempa masih bisa diredam akibat suspensi mobil, kecuali getaran gempa yang berkekuatan tinggi. Untuk menentukannya, pengemudi dapat mencari kondisi lingkungan seperti pohon yang bergoyang untuk orang yang meninggalkan rumah atau gedung.

“Bencana alam seperti gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Mengutamakan keselamatan. Anda juga perlu mengetahui cara-cara praktis untuk menyelamatkan diri dan kendaraan Anda dari masalah seperti kecelakaan atau tertimpa benda jatuh,” ujar Noor Imansyah Tara, Head of After-Sales Business Auto2000.

Lalu bagaimana jika posisi mobil yang terparkir menjadi korban gempa? Auto2000 menjelaskan bahwa pemilik kendaraan tidak boleh meninggalkan mobilnya sendirian.

Karena menurut Anda hal itu dapat membahayakan keselamatan Anda. Sebaiknya pemilik kendaraan menunggu tim evakuasi datang dan membiarkan tenaga profesional yang mempekerjakan mereka.

“Jika terjadi sesuatu pada mobil Toyota, AutoFamily dapat menghubungi armada AstraWorld Emergency Roadside Assistance (ERA), dan jika diperlukan ERA akan membawa mobil korban ke bengkel Auto2000 untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan,” kata Tiara.

ERA sendiri merupakan layanan darurat gratis selama 5 tahun khusus untuk pembelian mobil di Auto2000. Pemilik mobil Toyota dapat menghubungi ERA Astraworld di 1500898 atau klik langsung di aplikasi Auto2000 Digiroom.

Baca Juga: Tesla investasi Rp 15 triliun di pabrik mobil listrik di Meksiko

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news