Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum menikmati liburan alam, berikut 4 tips merawat kaliper rem motor.

Sebelum menikmati liburan alam, berikut 4 tips merawat kaliper rem motor.

Reporter: Magang_Merdeka

Editor: Rafif Rahadian

Minggu, 18 Desember 2022 14:00 WIB

Seorang mekanik memperbaiki sepeda motor di Taman Kota, Jakarta, 30 November 2022. BPS memiliki 120 juta tenaga kerja di Indonesia, dimana 92 ​​juta di antaranya berpotensi untuk dilindungi. TEMPO/Januari Subuh

Kelasmekanik.com, Jakarta – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 tinggal beberapa hari lagi. Banyak orang pulang kampung pada hari raya Nataru ini untuk berlibur atau mengunjungi keluarga.

Masyarakat diimbau untuk mempersiapkan kendaraan khususnya pengguna sepeda motor sebelum menikmati festival Nataru. Saat melakukan perjalanan jauh, Anda diminta untuk mengecek kondisi sepeda motor, misalnya kaliper rem.

Kaliper rem adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai penggerak sistem rem cakram.

Jadi, Anda perlu melakukan pemeriksaan dan perbaikan sebelum digunakan untuk perjalanan jauh. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan berkendara saat menikmati festival.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum 4 tips merawat kaliper rem motor sebelum menikmati perjalanan liburan panjang. Wahanahonda Hari ini, Minggu, 18 Desember 2022:

Bersihkan tali

Usahakan agar pengukuran tetap bersih secara teratur. CARA MEMBERSIHKAN Dapat menggunakan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Ganti kampas rem secara teratur

Selain itu, pengemudi harus rutin memeriksa kondisi kampas rem. Jangan melebihi batas aman atau sampai tipis. Pabrikan merekomendasikan untuk mengganti bantalan rem setiap 25.000 km atau setahun sekali.

Periksa saluran minyak rem

Selalu periksa saluran minyak rem, pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau merembes ke dalam saluran minyak rem. Jika terjadi kebocoran, beberapa komponen mungkin tidak berfungsi dengan baik dan dapat membahayakan pengemudi.

Layanan saat ini

Yang terpenting adalah melakukan perawatan rem cakram sepeda motor secara rutin dan berkala. Setidaknya para pemilik sepeda motor diwajibkan melakukannya minimal sebulan sekali.

KHOLIS KURNIA WATI | Wahanahonda

Baca juga: Mobil Kadiscomanfo Papua Barat Tabrak, Terguling Rp 2 Juta. lenyap

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news