Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mobil Susah dan Cara Mengatasinya, Dijamin Ampuh!

Kelasmekanik.com – Apakah Anda pernah menyalakan mobil tetapi mobil tidak mau hidup? Hal ini tentu menimbulkan masalah tersendiri bagi pemilik mobil, apalagi jika harus mengendarai mobil karena terdesak dan terburu-buru. Ternyata banyak sekali faktor yang membuat mobil susah di starter. Salah satunya adalah baterai.

Aki mobil yang sudah tua dan rusak akan mengganggu performa mobil dan membuat mobil sulit dihidupkan. Namun alasan terbesar mengapa mobil sulit dihidupkan adalah baterainya.

Berikut adalah beberapa alasan: a Mobil sulit dihidupkanTerutama di pagi hari. Simak dan baca baik-baik ya guys!

Penyebab mobil susah hidup

Mobil itu sulit untuk hidup

Tentu saja, mobil yang susah dinyalakan bisa menimbulkan rasa takut tersendiri, apalagi jika Anda berada di situasi yang sulit, seperti berkendara di tengah jalan yang sepi atau di malam hari. Meskipun ada komponen yang dapat dengan mudah mengatasi hal seperti itu, tidak jarang ditemukan driver yang kesulitan mencari solusi untuk masalah ini.

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa mobil sulit untuk dihidupkan, di antaranya:

1. Masalah lilin

Busi yang rusak atau kotor dapat membuat sistem starter tidak bekerja. Periksa kemurnian lilin dengan melepasnya dan mengelapnya dengan kain bersih. Selain kotor, busi yang rusak perlu diganti agar performa mobil baik dan mudah dinyalakan.

2. Dinamo Ampere

Dinamo ampere, atau istilah lainnya Alternatif, salah satu hal penting pada mobil yaitu jalur aliran listrik ke aki. Meski aki dalam kondisi baik dan tidak rusak, alternator yang rusak bisa membuat mobil sulit dihidupkan. Lakukan perawatan rutin untuk mendeteksi kerusakan alternator sebelum terlambat.

Baca juga: Penyebab Tabrakan Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Kehabisan bahan bakar

Penyebab mobil klasik susah di starter adalah karena bensin kosong atau kehabisan bensin. Jangan lupa untuk selalu mengecek level bahan bakar mobil dan segera mengisinya agar mobil dapat menyala dengan baik dan perjalanan berjalan lancar.

4. Kebocoran saluran bahan bakar

Hal lain yang menyebabkan masalah saat menyalakan mobil adalah kebocoran saluran bahan bakar, yang dapat menyebabkan tekanan bahan bakar berlebih dan mencegah bensin keluar dari pedal. Kebocoran pada saluran bahan bakar akan menyebabkan tekanan bahan bakar umumnya tidak mencapai tekanan normal.

Jika mobil berhenti tiba-tiba dan sulit dihidupkan, periksa kolong mobil apakah ada bensin yang bocor. Jika ada, kemungkinan besar saluran BBM bocor dan segera cari bantuan untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

5. Terjadi error pada kunci immobilizer.

Kunci immobilizer adalah sistem penguncian mobil yang menggunakan gelombang radio. Jika gelombang yang diterima tidak cocok, ini akan mencegah mobil untuk menyala.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Stabil/Bergoyang di Jalan dan Cara Mengatasinya

Cara memenangkan mobil yang sulit untuk hidup

Setelah mengetahui beberapa di antaranya Karena mobil sulit dihidupkanBerikut adalah beberapa tips jitu yang harus Anda ketahui untuk mengalahkan mereka.

  • Cobalah untuk mengisi bahan bakar mobil sepenuhnya. Bahan bakar penuh mengurangi kemungkinan mobil berhenti mendadak, terutama dalam situasi yang tidak memungkinkan. Jangan menunggu sampai tangki bahan bakar benar-benar kosong untuk diisi secara teratur karena akan membuat mobil sulit untuk dihidupkan.
  • Periksa sistem aliran bahan bakar sebelum menyalakan mobil. Pastikan tidak ada kebocoran dari berbagai sisi. Kebocoran bahan bakar sangat berbahaya dan dapat mencegah mobil untuk menyala. Jika terjadi kebocoran, segera perbaiki kebocoran tersebut agar mobil dapat digunakan kembali.
  • Dengan melakukan perawatan dan perbaikan mobil secara rutin di bengkel resmi, Anda bisa mengetahui kerusakan komponen mesin sejak dini dan segera menggantinya sebelum terlambat. Periksa secara berkala kualitas bagian-bagian mesin yang membuat mobil sulit dihidupkan, seperti busi, aki dan alternator atau dinamo amp.
  • Jika pompa bahan bakar berhenti bekerja, cobalah beberapa langkah kecil agar pompa bahan bakar bekerja kembali. Namun jika tidak ada hasil, segera ganti agar pompa bensin berfungsi normal kembali dan mobil bekerja seperti yang diharapkan.

Mobil yang susah distarter pasti bikin kita deg-degan. Tapi setelah dia tahu Penyebab mobil susah di starter dan cara mengatasinya, tentu anda sudah tahu kan, apa yang harus dilakukan jika mobil anda tiba-tiba sulit dihidupkan? Apa pun alasannya, perawatan otomatis terbaik dapat membantu Anda menjaga performa mobil tetap dingin dan tahan benturan.

Selalu ingat untuk mengecek kondisi mesin sebelum melakukan perjalanan ya. semoga beruntung.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news