Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mesin meledak pada mesin 4 tak dan cara mengatasinya

Kelasmekanik.com – Mesin 4 tak merupakan mesin yang tergolong ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan banyak sisa pembakaran dan juga merupakan mesin yang tidak mengeluarkan suara bising seperti mesin lainnya. sepeda motor 2 tak. Untuk alasan ini, saat ini diproduksi 4 mesin dorong, bukan 2 mesin dorong. Namun meskipun mesin 4 tak ramah lingkungan dengan tidak mengeluarkan asap tebal atau mengambang, terkadang kerusakan komponen atau faktor lain dapat menyebabkan knalpot mesin mengeluarkan banyak asap.

Hal ini membuat pemilik sepeda motor tidak nyaman dan mungkin malu. Dan perlu dilakukan tindakan untuk memperbaikinya, karena jika tidak dilakukan perbaikan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain yang masih baik.

Penyebab mesin meledak pada mesin 4 tak dan cara mengatasinya

Penyebab busa mesin

Di bawah ini adalah kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi saat mesin sepeda motor Anda meledak dan cara mengatasinya.

1. Memukul Ring Piston (Lama)

Jika ring piston sepeda motor anda sudah aus atau tipis, dan juga jika daya rekat pada piston/piston tidak normal, akibatnya terjadi kebocoran pada proses kompresi pada mesin, sehingga oli yang digunakan dalam pelumasan berada di bagian luar. piston masuk ke dalam. Ruang di dalam silinder dan oli tercampur selama proses kompresi sehingga udara di knalpot menjadi kental dan berasap saat terbakar.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti ring seher dengan yang baru, dan periksa juga apakah seher terlihat atau tidak, karena sering kali ring seher yang copot bisa masuk ke dalam seher yang sudah aus.

Baca juga: Penyebab Motor Susah Starter dan Cara Mengatasinya

2. Ketukan silinder mesin (aus)

Berbicara tentang silinder mesin, kami masih mengevaluasi area piston sepeda motor. Silinder mesin yang aus dapat disebabkan oleh gesekan dengan piston atau ring. Ring piston yang rusak menyebabkan goresan pada silinder mesin, jika tergores, pelumasan oli mesin tidak terlalu baik, hal ini akan menyebabkan mesin meledak melalui lubang knalpot.

Cara mengatasi penyebab mesin tiup karena silinder mesin entah bagaimana hilang Lubang silinder Atau melebarkan lubang silinder sehingga jalur yang ada disambungkan kembali.

3. Segel katup bocor

Masih tentang mesin, valve atau katup pada mesin berfungsi untuk menyediakan udara untuk proses pembakaran dan juga mengontrol sisa gas hasil pembakaran yang dibuang (intake dan exhaust). Saat bocor melalui valve seal/seal, oli pelumas dipaksa masuk ke ruang bakar, sehingga hasil pembakaran bercampur dengan oli menghasilkan asap tebal dan mesin mengeluarkan knalpot.

Ini adalah cara untuk menyelesaikannya. Ganti segel katup Dengan yang baru dan uji kelonggaran katup, semuanya kembali normal.

4. Pemasangan katup yang tidak benar

Katup pentil ini masih sama dengan pembahasan di atas, jika pemasangan pentil pentil tidak benar atau tertukar satu sama lain, maka dapat menyebabkan ketegangan pentil. Walaupun sama-sama katup masuk, namun posisi 2 katup ini tidak dapat diubah dalam pemasangannya, karena celahnya kecil, pemasangannya harus benar.

5. Kemasan silinder rusak

Jika ada asap yang keluar dari knalpot atau di sekitar mesin, penyebabnya mungkin paking kepala silinder rusak atau bocor. Gasket ini berada di antara sambungan kepala silinder mesin dengan blok mesin yang terhubung dengan ruang bakar, jika gasket rusak, oli bisa masuk, begitu juga dengan udara luar, sehingga oli masuk ke ruang bakar. Biarkan asap terbentuk di mesin dan mesin.

Cara mengatasinya adalah penyebab mesin meledak, yaitu mengganti paking/paking kepala silinder dengan yang baru, dan harus sangat kencang.

6. Minyak yang sangat encer

Oli memiliki indeks kekentalan (SAE) tersendiri, jadi perlu Anda ketahui bahwa beda jenis mesin dengan tenaga cc kecil dan besar pasti memiliki kekentalan oli yang berbeda. Terlalu banyak oli cair dapat masuk di antara segel/gasket, menyebabkannya masuk ke ruang bakar dan menimbulkan asap pekat.

Oli mesin yang baik dapat ditentukan dari jenis mesin dan temperatur di dalamnya, jika berada di daerah tropis, oli yang baik dengan kekentalan lebih dari 20 SAE baik untuk pelumasan. Informasi khusus oli dapat ditemukan di bagian wadah oli.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mati Total Dan Cara Mengatasinya

7. Limbah karburator

Selain menyebabkan asap mesin keluar dari mesin, bisa juga terjadi di sekitar komponen karburator. Jika karburator kotor, proses pembuatan gas dari uap bahan bakar juga ikut kotor, kemudian masuk ke ruang bakar dalam keadaan kotor. Sehingga menghasilkan asap kotor.

Solusi dari penyebab mesin meledak adalah dengan melakukan perawatan rutin terhadap semua komponen mesin yang menunjang pergerakan mesin sepeda motor dan menjaganya agar selalu bersih.

8. Efek dari Knalpot

Jika semua elemen penting di atas sudah dicek dan tidak menunjukkan adanya kerusakan maka patut dicurigai knalpotnya, karena knalpot itu sendiri dapat menimbulkan asap pada sepeda motor, akibat knalpot yang rusak/seimbang, maupun knalpot yang dimodifikasi.

Jika knalpot ada kerak karena sisa asap knalpot yang menempel, dipastikan akan selalu hitam setiap kali keluar asap knalpot karena kerak. Solusinya bersihkan knalpot secara menyeluruh dan lihat perbedaannya.

Knalpot modifikasi juga menyebabkan asap knalpot tersedot masuk dan tidak hitam, hal ini biasanya disebabkan bensin yang keluar dari karburator lebih banyak dari biasanya, karena knalpot modifikasi racing membutuhkan semburan bensin yang lebih tinggi untuk menambah tenaga mesin. Ini adalah hasil dari banyak asap knalpot di knalpot.

Jika ingin menghilangkan uap asap sepeda motor, ada baiknya kurangi setelan bahan bakar pada karburator atau kembalikan knalpot seperti semula.

Semoga Tips mengatasi busa mesin Ini bisa diatasi, dan Anda bisa merawat sepeda motor dengan lebih baik.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news