Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indyhome lambat? Ini adalah cara untuk menang dan menyebabkan

Indihome tiba-tiba lemot? Lambatnya kecepatan Indihome disebabkan oleh banyak hal, yang akan kami bahas pada artikel kali ini Cara mempercepat indihome Dan menganalisis Penyebab keterlambatan indihome.

Sekilas tentang Indihome, Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home (http://indihome.co.id/) dan merupakan layanan internet broadband pengganti Fast (layanan Internet dari Telkom sebelum Indihome). Indihome sendiri menggunakan teknologi fiber optic (Apa itu serat optik?) lebih cepat dari teknologi kabel tembaga.

IndiHome saat ini menawarkan layanan dengan berbagai pilihan kuota (Baca Juga : Harga Paket IndiHome Terbaru 2016) namun paket yang paling sering digunakan adalah paket 10 Mbps (-+ 1MBps transfer rate) dan paket inilah yang sering dikeluhkan pelanggan karena sering terjadi gangguan dan penurunan kecepatan secara tiba-tiba. Meski gangguannya tidak begitu keras dan cepat, namun hal ini tentu menjadi kendala bagi sebagian pelanggan Indihome.

Nah, kali ini kelasmekanik.com akan menuliskan beberapa penyebab Indihome lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Indihome Terlambat dan Cara Mengatasinya

Indihome tunduk pada FUP (Fair Use Policy).

indihome lemot setelah kena indihome fup.
indihome lemot setelah kena indihome fup.

Alasan Indihome delay yang pertama adalah karena layanan Indihome anda terkena FUP, jika anda belum mengetahui apa itu FUP maka silahkan baca artikel ini : Waspadai Kebijakan Penggunaan Wajar atau FUP Layanan IndiHome.

FUP adalah undang-undang yang memperlambat kecepatan internet karena pengguna telah mencapai batas maksimum penggunaan internet. Dalam hal ini IndiHome akan menawarkan 10 Mbps dengan batas maksimal awal 300GB, setelah konsumen menggunakan kuota 300GB maka kecepatan internet akan turun menjadi 7,5Mbps.

Kecepatan internet Indihome tiba-tiba melambat dan perlambatan ini membuat pelanggan Indihome mengeluh.

Bagaimana memperbaikinya

Selalu pantau penggunaan Indihome untuk mengetahui apakah layanan Indihome terkena FUP atau tidak. Baca Caranya : Cara Cek FUP Indihome Kuota Internet Telkom

Ada masalah teknis.

Indihome ditutup karena ada kekerasan.
Router Serat Optik | telegraph.co.uk

Meskipun serat optik lebih tahan terhadap interferensi daripada kabel kawat tembaga, interferensi akan selalu ada. Beberapa masalah interferensi yang paling umum dalam jaringan serat optik meliputi:

  • Serat optik rusak
  • Koneksi serat optik yang longgar tersedia.
  • Terdapat jalur fiber optic yang terlalu melengkung (jika kabel fiber optic terlalu melengkung (>90 derajat) maka cahaya yang ditransmisikan akan lebih banyak memantul pada kurva dan menyebabkan data terlambat dikirim)
  • Saat ini, perawatan komprehensif sedang dilakukan

Bagaimana memperbaikinya

Segera laporkan masalah tersebut dengan detail lengkap seperti nomor internet Indihome yang bersangkutan melalui telepon atau email Twitter Untuk mengetahui Nomor Internet Indihome, Baca: Cara Mendapatkan Nomor Internet Indihome.

Dengan melaporkan, Anda melakukannya dengan segera Cari tahu di mana masalahnya.

Streaming internet melalui WiFi

Indihome lambat karena orang lain menggunakan internet.
Pencuri Koneksi Internet | www.gettyimages.com

Ketika kata sandi WiFi Anda diketahui oleh banyak orang, apalagi tetangga yang menganggur, Anda bisa merasakan kecepatan internet di rumah Anda melambat. Semakin banyak orang menggunakan koneksi internet pada saat yang sama, semakin banyak bandwidth yang digunakan.

Bagaimana memperbaikinya

Ganti password WiFi Anda secara berkala, apalagi jika banyak orang yang tinggal di sekitar rumah Anda mengetahui password WiFi Anda. Bagaimana cara mengubah? Baca: Cara Ganti Password WiFi Indihome

Itulah beberapa masalah yang menyebabkan indihome lemot atau memperlambat kecepatan internet. Jika Anda merasa Indihome sudah tidak cocok lagi untuk Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengalihkan layanan fiber optic ke provider lain seperti yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini. Layanan internet fiber optic di luar Telkom Indihome.

Atau Anda dapat meningkatkan layanan EndiHome ke tingkat kecepatan yang lebih tinggi. Untuk harga silahkan lihat disini : Harga Paket IndiHome Terbaru.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news