Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Memarkir Mobil di Garasi Saat Liburan Jangan Lepas Rem Tangan!

Kelasmekanik.com, Jakarta – Tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu tersebut untuk pergi berlibur ke hari raya Nataru (Natal dan Tahun Baru). Beberapa orang lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk menikmati liburan panjang mereka.

Oleh karena itu, kendaraan Anda akan tetap berada di garasi dalam waktu yang lama. Menurut informasi, mobil yang diparkir di garasi dalam waktu lama harus diperhitungkan untuk menghindari kerusakan.

Hari ini, Rabu 7 Desember 2022, menurut situs resmi Wuling, berikut tips memarkir mobil di garasi saat festival Nataru.

1. Jangan gunakan rem tangan

Saat meninggalkan mobil di rumah dalam waktu lama, sebaiknya rem tangan tidak diaktifkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kampas rem menempel di cakram.

Jika ini terjadi, pemilik akan kesulitan mengemudi lagi. Untuk keamanan, Anda dapat menggunakan kunci roda atau memblokir roda dengan batu agar tidak menggelinding ke depan.

2. Parkir dengan sarung bantal

Parkir mobil di garasi karena aman dan bersih. Jika Anda tidak memiliki garasi di rumah dan harus parkir di luar, tutupi mobil dengan sarung. Beli penutup mobil ukuran yang tepat untuk menutupi kendaraan sepenuhnya.

3. Perhatikan kesehatan lilin

Jika Anda berencana meninggalkan mobil dalam waktu lama, disarankan untuk melepas busi dan menguras sedikit oli di soket sebelum memasangnya kembali. Cara ini mencegah kepala silinder tersumbat dan kondisinya tetap basah. Selain itu, aditif dapat digunakan untuk memberikan lapisan pelindung pada mesin.

4. Bersihkan mobil

Sebelum bepergian dalam waktu lama, interior mobil harus dibersihkan agar bakteri tidak muncul di karpet, kain, bahkan kabel di mesin.

Atau bisa menggunakan AC kecil agar interior mobil tetap wangi. Agar mobil tidak tergores dalam waktu lama, cucilah mobil terlebih dahulu untuk menghilangkan debu yang menempel.

5. Isi seluruh tangki bahan bakar

Jika tangki bahan bakar dibiarkan dalam waktu lama, bisa berkarat. Salah satu cara efektif untuk menghindarinya adalah dengan mengisi bensin beroktan tinggi. Cara ini mencegah tangki bahan bakar menutup dengan cepat.

6. Periksa baterai

Jangan lupa untuk mengecek kondisi aki mobil. Pastikan dalam kondisi prima saat Anda berangkat. Atau Anda bisa melepas baterai dan menyimpannya di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari.

7. Gunakan dongkrak

Ban mobil terlalu lama menempel di permukaan dan bisa cepat aus. Untuk menghindarinya, disarankan menggunakan empat busi di setiap roda. Ini dilakukan agar mobil tidak bertumpu pada roda.

8. Ganti oli dan filter

Bila dibiarkan lama, lebih baik ganti oli dan saring terlebih dahulu. Ini karena oli bekas mengandung uap air, debu logam, lumpur, dan zat lain yang mudah rusak.

9. Periksa tekanan ban

Pastikan tekanan ban dalam kondisi yang direkomendasikan pabrikan saat mobil sedang berlibur. Ini mencegah retakan di tepi permukaan ban. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tutup pentil ban sebelum berlibur ke Nataru.

Baca juga: PLN gandeng komunitas kendaraan listrik untuk kampanye elektrifikasi.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news