Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 manfaat mengecat mobil saat musim hujan

Kelasmekanik.com, Jakarta – Banyak hal yang harus diperhatikan saat merawat mobil saat memasuki musim hujan. Salah satunya adalah merawat bagian luar mobil.

Perlu diketahui bahwa cat mobil yang terus-menerus terkena hujan akan mempengaruhi daya tahannya. Pemilik mobil disarankan untuk menutupi warna asli mobilnya agar tidak terjadi kerusakan.

“Menghadapi musim hujan, para pengendara harus lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan penampilan kendaraannya. Salah satunya dengan mengecat mobil agar eksterior kendaraan tetap terjaga, terawat dan tidak luntur.”

“Pengecatan mobil bisa dilakukan di penyedia jasa pelapisan cat mobil terdekat,” kata Sales Head PT Suzuki Indomobile Hariadi, Asst Head of Service Department, Jumat, 9 Desember 2022 dikutip dari laman Suzuki.

Lapisan cat mobil berfungsi untuk menutup pori-pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil. Lapisan yang digunakan adalah lapisan khusus yang terbuat dari silikon dioksida, polisilazan dan pelarut lainnya.

Bersiaplah untuk kesempatan ini Gooto.com Cakupan mobil termasuk beberapa keuntungan ketika memasuki musim hujan. Berikut ulasannya:

Hindari membuat lubang air

Lapisan cat mobil mencegah noda air atau yang biasa disebut jamur. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh air hujan yang masuk ke dalam lubang cat mobil.

Setelah pengecatan, air hujan yang menempel di body mobil akan langsung rontok dan tidak akan lama-lama mempengaruhi cat. Oleh karena itu, noda yang sulit dihilangkan tidak akan muncul di tubuh.

Mencegah munculnya goresan kecil pada body mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil tidak hanya berpotensi menimbulkan jamur, tetapi juga dapat menggores bodi mobil. Goresan ini dapat terjadi karena beberapa alasan.

Salah satunya karena air hujan bercampur dengan partikel-partikel kecil. Air menempel di body mobil, dan jika dibersihkan langsung dengan kain bisa menimbulkan goresan halus.

Selain itu, hujan deras dapat menyebabkan ranting pohon tumbang dan menimpa badan mobil. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut. Dengan menggunakan pelapis cat mobil, goresan-goresan kecil ini bisa dihilangkan terlebih dahulu.

Menjaga daya tahan cat mobil

Pewarnaan mobil adalah metode perawatan yang penting untuk membuat cat mobil bertahan lebih lama. Menambahkan lapisan khusus pada cat mobil akan meresap ke dalam pori-pori cat mobil dan menciptakan lapisan tipis yang menutupi seluruh warna mobil.

Proses ini membuat cat mobil lebih awet dan tidak cepat pudar. Ini bisa menjadi solusi agar warna asli kendaraan tidak memudar dan mempertahankan warna aslinya.

ZAIDAN FADHIL | Suzuki

Baca juga: Ada Mobil Terbang di IKN, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news