Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 kebiasaan berkendara manual untuk menjaga performa mobil

3 kebiasaan berkendara manual untuk menjaga performa mobil

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahadian

Sabtu, 24 Desember 2022 15:24 WIB

Contoh tips berkendara. (Foto: Auto2000)

Kelasmekanik.com, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales memberikan tips berkendara untuk menjaga performa mobil manual. Menurut mereka, ada tiga kebiasaan berkendara yang perlu diperhatikan agar mobil bertransmisi manual tetap dalam kondisi prima.

Meski sudah banyak pabrikan yang meluncurkan kendaraan bertransmisi otomatis atau otomatis, namun sebagian konsumen masih memiliki keinginan untuk menggunakan mobil manual. Itu tak lepas dari kehandalan dan daya tahan mobil matic.

Asst ke Departemen Layanan. Kepala Penjualan PT Suzuki Indomobil Hariadi dalam keterangan resminya. Ia menjelaskan, saat ini pengguna mobil manual banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Saat bekerja, pengalaman mereka juga menjadi berbeda. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk berbagi rekomendasi agar berkendara dengan mobil bertransmisi manual menjadi lebih nyaman, aman dan berkelanjutan, ujarnya dalam rilisnya.

Setidaknya ada tiga kebiasaan berkendara yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil manual. Berikut redaksinya Gooto.com Rangkuman, dikutip dari laporan resmi PT Suzuki Indomobil Sales:

  1. Shifter Lever harus dalam posisi netral saat mobil berhenti.

Tips atau kebiasaan berkendara yang pertama untuk membantu menjaga performa mobil manual Anda adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat berhenti. Ini bisa dilakukan di lalu lintas atau di lampu merah.

Latihan ini dianggap membuat otot kaki pengendara lebih cepat lelah. Oleh karena itu, Suzuki Indomobil Sales menyarankan para pengemudi untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral dan menggunakan rem tangan.

  1. Jangan terlalu sering memegang kontrol transmisi

Beberapa pengemudi mungkin mengalami mengemudi dengan tangan di transmisi. Hal ini sangat mempengaruhi kewaspadaan pengemudi, jadi lebih baik hindari saja.

Suzuki menganjurkan agar pengemudi melepaskan tangannya setelah menggerakkan tuas transmisi dan mengembalikan tangannya ke setir. Dengan begini, Anda akan lebih aman dan bereaksi lebih cepat saat berkendara.

  1. Jangan selalu menginjak pedal kopling setengah jalan

Terakhir, pengemudi tidak boleh setengah menekan kopling saat mobil berhenti, terutama di tanjakan. Beberapa pengemudi mungkin masih melakukan kebiasaan ini untuk menghindari mobil mundur.

Namun kebiasaan berkendara seperti itu dapat merugikan pemilik mobil manual, karena menimbulkan gesekan yang berlebihan pada penutup kopling. Pengemudi disarankan menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil terguling ke belakang saat diparkir di tanjakan.

Baca Juga: Hal yang Harus Diketahui Pemilik Mobil Sebelum Liburan Nataru

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news