Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Lampu LED untuk Motor, Jangan Ngurusin Sendiri!

Tips Merawat Lampu LED untuk Motor, Jangan Ngurusin Sendiri!

Reporter: Magang_Merdeka

Editor: Rafif Rahadian

Kamis, 10 November 2022 06:10 WIB

Pemilik Bengkel Abdigas Motor Supriantho sedang membuat proyektor LED OEM Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang dipasangkan pada Headlamp Yamaha Nmax. TEMPO/Wisnu Andebar

Kelasmekanik.com, JakartaHeadlight atau lampu LED merupakan salah satu aksesoris yang menjamin keselamatan pengendara sepeda motor. Karena part tersebut dapat membantu pengemudi saat berkendara di malam hari.

Tanpa lampu LED, jarak pandang objek di depan kendaraan dari jalan menjadi berkurang. Tak heran jika pengaturan lampu LED masuk dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara, pengendara harus tetap menjaga lampu LED motornya agar berfungsi secara optimal. Hari ini Kamis 10 November 2022, berikut tips merawat lampu LED dikutip dari WahanaHonda.

Cek saat ini

Lakukan pengecekan secara rutin pada lampu LED sepeda motor. Pastikan daya dan kelistrikan berfungsi normal. Pastikan juga LED tidak terlalu panas agar lebih awet dan tidak mudah pecah.

Perhatikan titik cahaya

Pastikan lokasi titik cahaya aman. Tempatkan lampu dengan benar pada shell atau mic agar cahaya yang dipantulkan juga lurus ke depan. Selain itu, pastikan ukuran lampu dan rangka motor sudah sesuai agar aman saat digunakan.

Bersihkan penampang

Tips ketiga, pemilik sepeda motor disarankan untuk rutin membersihkan penampang lampu. Penampang yang kotor akan menimbulkan masalah pada penerangan dan menimbulkan kerusakan.

Jangan kumpulkan dirimu sendiri

Untuk menghindari cedera, usahakan untuk tidak memasang lampu dan mencoba memutus kelistrikan motor secara tidak sengaja. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan. Juga hindari menambahkan sakelar yang menyebabkan lonjakan arus yang berlebihan.

KHOLIS KURNIA WATI | Wahanahonda

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Bensin Tidak Masuk ke Ruang Bakar Mobil, Ini Cara Mengatasinya

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news