Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tip untuk mencegah suara keras di ruang mesin

Tip untuk mencegah suara keras di ruang mesin

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahadian

Selasa 29 November 2022 15:00 WIB

Bengkel Auto2000 menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Dokumentasi Auto2000

Kelasmekanik.com, Jakarta – Mesin merupakan bagian penting pada sebuah mobil, tugasnya adalah memindahkan tenaga ke roda. Oleh karena itu, pemilik mobil tentunya harus lebih sering melakukan perawatan secara berkala untuk menghindari masalah mesin.

Salah satu tanda bahwa mesin mobil Anda bermasalah adalah suara keras yang berasal dari ruang mesin. Situasi ini bisa terjadi jika mesin mobil Anda tidak dalam kondisi baik.

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mobil pergi ke bengkel resmi terdekat untuk segera diperbaiki. Sekarang editornya Gooto.com Dalam upaya merangkum tip untuk mencegah suara keras di ruang mesin, dilaporkan oleh Auto2000:

Periksa oli mesin

Tips pertama yang harus dilakukan pemilik mobil adalah mengecek kondisi oli mesin. Periksa apakah Anda melakukan penggantian oli secara teratur, dan level oli mesin tidak boleh kurang dari normal.

Oli mesin yang kurang memadai nantinya dapat menyebabkan masalah pada komponen mesin karena pelumasan yang kurang memadai. Jika dibiarkan, mobil Anda bisa menimbulkan bahaya mesin karena suku cadangnya cepat aus dan menempel.

Ganti sabuk yang berputar

Selain itu, pemilik kendaraan diminta mengganti sabuk putar di bodi mesin. Penggantian harus dilakukan secara berkala agar tidak mudah rusak.

Untuk mengetahuinya, sabuk berputar inilah yang bertugas menyalurkan tenaga mesin. Namun seiring berjalannya waktu, komponen tersebut dapat aus dan rusak jika tidak diganti secara rutin.

Jangan biarkan oli kompresor AC mengering

Terakhir, saran yang harus dilakukan adalah menjaga agar oli kompresor AC tidak mengering, jika hal ini terjadi, komponen mobil bisa rusak. Jadi, lakukan penggantian secara rutin. Jika kompresor mulai kehabisan oli, mesin berpotensi mengeluarkan suara yang kasar.

Baca juga: Pemerintah Kota Ambon sedang menghitung anggaran kendaraan listrik.

AUTO2000

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news