Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 langkah mengganti ban motor sendiri, jangan sembarangan

Kelasmekanik.com, Jakarta – Ban mobil atau motor yang kempes merupakan masalah bagi pengendara mobil dan motor. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara melakukan pengecekan ban sepeda motor sebelum melakukan perjalanan jauh.

Ban sepeda motor merupakan bagian yang sangat penting yang harus diperiksa secara berkala dan diganti sesekali.

Ban depan dan belakang memiliki hukum dinamis yang berbeda. Ban sepeda motor bagian depan umumnya harus diganti setelah pemakaian 12.000 km. Ban belakang sepeda motor 10.000 km.

Penggantian ban sepeda motor tidak boleh dilakukan di bengkel. Pengendara sepeda motor bisa melakukannya sendiri asal tahu teknik yang tepat.

Berikut 5 cara mengganti ban motor sendiri. Wahanahonda Hari ini, Jumat, 2 Desember 2022:

1. Sediakan alat Tidak banyak alat untuk mengganti ban. Hal ini juga memudahkan pengendara untuk mengganti sendiri ban motornya.

Alat yang dibutuhkan adalah ban sepeda motor, ring wrench konfigurasi ukuran standar 14, 17, 19 dan 22, tyre scoop, pentil, pompa angin dan obeng.

2. Lepas ban luar, lalu lepas ban luar. Pertama, agar lebih mudah dalam mengganti ban sepeda motor level menengah, maka lepas kunci menggunakan kunci 14 dan 19. Jika sudah lepas, kendurkan ban dengan 12 kunci dan lepas ban secara perlahan.

3. Lepas ban dalam dengan terlebih dahulu memasukkan skrup ke dalam bibir ban kemudian mencungkil bibir ban hingga ban mencuat keluar. Kemudian masukkan obeng kedua, lalu kencangkan kembali hingga ban terlepas dari velg.

4. Pasang ban motor baru Selanjutnya adalah memasang ban baru pada sepeda motor. Pertama, pastikan ban dipasang searah dengan putaran ban dan garis pelek sejajar dengan roda. Untuk muatan penuh, sabuni ban dan pastikan ban dalam tidak terjepit agar ban tidak sobek.

5. Langkah terakhir pompa ban sepeda motor adalah memompa ban sepeda motor. Pastikan tekanan udaranya sesuai. Tekanan ban FDR tipikal adalah 29 psi untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA | JOBPIE

MembacaPelajari arti angka pada ban sepeda motor

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news