Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 tips menyiapkan mobil liburan ke alam

Kelasmekanik.com, Jakarta – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tinggal beberapa minggu lagi. Musim liburan Nataru sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi berlibur atau mengunjungi kerabat.

Untuk mobilitas, Anda perlu menyiapkan kendaraan untuk melakukan perjalanan di hari libur Nataru. Sebelum Anda bepergian, Anda perlu melakukan perawatan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik selama digunakan.

Dilansir dari Auto2000 hari ini, Rabu 7 Desember 2022 Berikut beberapa tips mempersiapkan mobil untuk liburan Nataru:

1. Periksa kondisi ban

Tekanan ban harus diperiksa sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Perhatikan juga lalu lintas dan kondisi dinding ban. Jangan lupa untuk mengecek kondisi dan kesiapan ban serep atau serep.

2. Periksa oli mesin

Fungsi utama oli mesin adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponen. Pelumas juga membantu menghilangkan panas mesin dan menghilangkan kotoran yang disebabkan oleh gesekan antar komponen mesin. Periksa apakah level oli mesin sesuai dengan pengukur dan jika kurang, segera tambahkan.

3. Perhatikan cairan lainnya

Periksa kembali ketinggian air radiator. Saat mesin mobil dimatikan atau mobil baru dihidupkan, buka tutup radiator bagian atas dan perhatikan batas ketinggian termasuk pipa tangki air radiator.

Saat berkendara jarak jauh, isilah cairan pencuci kaca mobil hingga penuh, yang berperan dalam membersihkan kaca mobil. Perhatikan juga tabung penampung minyak rem dan segera tambahkan jika kurang. Untuk mobil bertransmisi manual, periksa ukuran selang cairan kopling.

Untuk pengguna aki basah, periksa ketinggian air aki dan bersihkan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Untuk mobil yang masih mengandalkan power steering hidrolik, Anda bisa mengecek level oli power steering.

Pastikan juga freon AC dalam kondisi penuh agar kabin tetap sejuk selama perjalanan. Lihatlah ke sekeliling kompartemen mesin dan di bawah mobil apakah ada cairan yang bocor, yang bisa menjadi tanda kebocoran.

4. Persiapkan kebutuhan berkendara

Untuk membuat kabinnya lega, pengguna mobil MPV atau SUV bisa menggunakan roof rack yang ada di bagian atap mobil. Sesuaikan posisi duduk penumpang dan barang bawaan agar suasana kabin terasa nyaman.

Siapkan playlist lagu dan film yang memadai untuk hiburan, serta makanan dan minuman ringan untuk teman perjalanan.

Tips persiapan liburan Nataru lainnya, jangan lupa isi BBM dan kartu e-toll sampai penuh agar mobil tidak banyak berhenti di perjalanan liburan. Pelajari jalan dengan mengandalkan peta digital untuk mempermudah perjalanan darat.

Baca juga: PLN gandeng komunitas kendaraan listrik untuk kampanye elektrifikasi.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news