Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 tips aman berkendara saat gempa

Kelasmekanik.com, Jakarta – Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada hari ini, Senin, 21 November 2022. Skala Richter.

Gempa pukul 13.21 WIB berpusat sekitar 10 km barat daya Kabupaten Siangjur, Jawa Barat. Meski kedalamannya 10 kilometer, atau relatif dangkal.

Bersiaplah untuk kesempatan ini Gooto.com Memberikan tips keselamatan berkendara saat terjadi gempa bumi. Berikut ulasannya seperti dilansir dari situs tersebut. Honda luar Jawa:

1. Lihatlah situasi sekitar

Sebagian besar pengemudi mobil tidak merasakan getaran saat terjadi gempa. Ini karena suspensi kendaraan dikatakan berkurang. Oleh karena itu, pengemudi disarankan untuk melihat situasi sekitar.

Salah satu hal yang Anda lihat adalah pohon atau tiang. Jika objek bergetar, pengemudi disarankan untuk tidak panik. Juga tidak disarankan untuk berhenti tiba-tiba.

2. Berhenti di tempat terbuka

Jika goncangan gempa bisa dirasakan saat berkendara, salah satu cara paling aman adalah dengan menepi atau parkir di ruang terbuka. Pengendara disarankan untuk mengerem pelan-pelan dan memberi tanda sein.

Saat Anda memutuskan untuk menepi, carilah ruang terbuka. Pengemudi tidak disarankan untuk parkir di dekat benda yang dapat dilipat, seperti di dalam ruangan atau di dekat gedung, pohon, dan jembatan.

3. Verifikasi informasi

Tips selanjutnya adalah mencari atau mencari informasi tentang gempa bumi di daerah Anda. Pastikan informasi yang Anda gunakan berasal dari sumber terpercaya, seperti siaran radio atau portal berita online.

4. Keluar dari mobil

Akhirnya pengemudi dan penumpang bisa keluar dari mobil tanpa meninggalkan barang berharga di dalamnya. Pengendara tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan karena jalan rusak akibat gempa.

Jika gempa berpotensi menimbulkan tsunami, pengendara dapat mencari tempat yang lebih tinggi. Dengan begitu, pengemudi dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Hasil WSBK Australia: Alvaro Bautista raih kemenangan terakhir

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news