Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghindari kerusakan mobil saat banjir dan hujan lebat

Tips menghindari kerusakan mobil saat banjir dan hujan lebat

Reporter: magang_kebebasan

Editor: Jobpie Sugiharto

Minggu, 9 Oktober 2022 14:00 WIB

Pejalan kaki terjebak genangan air saat banjir di kawasan Tendian akibat hujan terus menerus, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022 Beberapa kawasan di Jakarta Selatan terendam banjir usai hujan deras. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Kelasmekanik.com, JakartaHujan deras kembali menyebabkan banjir dan genangan air di berbagai ruas jalan raya di Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya, banyak mobil yang terendam banjir hingga menyebabkan kemacetan.

Kemacetan terjadi saat mobil dan motor nekat menerobos hujan dan banjir. Namun, pengemudi yang memilih untuk menunggu banjir surut sebelum memindahkan mobilnya dapat menghindari kerusakan pada kendaraannya.

Pengemudi mobil perlu memperhatikan beberapa faktor seperti ketinggian air agar bisa melewati banjir. Jika air lebih tinggi dari bagian bawah spatbor depan, Anda tidak perlu memecahkannya. Karena dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Namun, jika memungkinkan untuk mengendarai mobil melewati banjir saat hujan deras, tips berikut dirangkum sebagai berikut. Carwow.co.uk Hari ini, Minggu, 9 Oktober 2022:

  1. Bergiliran mengambil banjir. Untuk mencegah arus air masuk ke mesin Anda dan untuk meminimalkan kerusakan pada mobil, jaga agar mobil tetap bergerak maju agar lalu lintas dapat mengalir dengan normal.
  2. Cobalah mengemudi di tengah jalan dan hindari sisi jalan. Berkendara di tengah jalan saat hujan akan mengurangi risiko mobil Anda terperosok ke dalam parit atau genangan air di sisi jalan.
  3. Jangan mengemudi terlalu cepat. Saat mobil kebanjiran dan melaju dengan kecepatan rendah saat hujan, air tidak dapat masuk ke kompartemen mesin.
  4. Tetap di gigi satu untuk menjaga kecepatan mesin. Ini mencegah air masuk ke knalpot sekaligus mengurangi risiko mobil mogok.
  5. Setelah keluar dari genangan air, gunakan rem mobil untuk mengeluarkan minyak rem. Untuk memastikan rem berfungsi dengan baik sebelum digunakan kembali.

KOLIS KURNIA WATI | CARWOW.CO.UK | pekerjaan

MembacaMobil rusak karena banjir, ini adalah risiko kerusakan yang tersembunyi.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news