Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak penyebab aki mobil overcharge dan cara mengatasinya

Simak penyebab aki mobil overcharge dan cara mengatasinya

Reporter: Dickie Kurniawan

Editor: Rafif Rahedian

Senin, 31 Oktober 2022 07:30 WIB

Contoh aki mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

Kelasmekanik.com, Jakarta – Baterai merupakan bagian penting dari mobil. Komponen ini digunakan untuk mensuplai listrik ke beberapa perangkat kelistrikan mobil, salah satunya untuk menghidupkan starter.

Namun, dalam penggunaannya, baterai perlu perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Jangan biarkan baterai kehilangan daya alias karena kesalahan perawatan dan penggunaan.

Berikut penyebab aki mobil mati dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Senin 31 Oktober 2022:

1. Mobil jarang panas.

Mobil yang tidak terlalu panas biasanya tidak mau menyala. Sebenarnya menggunakan mobil yang tidak sering berjalan atau lama tidak digunakan tidak ada salahnya. Namun kesalahannya adalah saat mobil tidak pernah panas, sehingga baterai bisa korslet. Disarankan untuk menghangatkan mesin mobil seminggu sekali saat tidak digunakan.

2. Baterai kehabisan air

Baterai yang lemah juga dapat disebabkan oleh kekurangan air atau cairan, terutama pada jenis baterai basah. Sebenarnya sangat mudah untuk mengisi baterai, namun banyak pemilik kendaraan yang lupa menggantinya hanya untuk membiarkan baterainya tenggelam.

3. Menggunakan aksesoris yang banyak menggunakan listrik

Seperti fungsinya, baterai menyuplai listrik ke berbagai perangkat mobil untuk digunakan. Namun jika mobil sarat dengan aksesoris yang banyak mengkonsumsi listrik, maka bisa dipastikan baterainya akan habis.

Salah satu aksesori yang menghabiskan banyak listrik adalah audio. Baterai standar dirancang untuk memenuhi persyaratan kelistrikan yang wajar, jadi hindari penggunaan aksesori dan modifikasi kelistrikan yang berlebihan.

4. Baterai sudah tua

Usia komponen yang lama dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu mahal. Semakin tua usia mobil, semakin lama masa pakai baterai, dan semakin rendah penyimpanan energi listriknya. Disarankan untuk mengganti aki mobil setiap 2 hingga 3 tahun.

Baca Juga: 14 Merk Motor Listrik Hadir di IMOS 2022, Apa Saja?

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news