Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengendara sepeda motor perlu berhati-hati saat musim hujan, berikut 6 tips agar tetap aman.

Pengendara sepeda motor perlu berhati-hati saat musim hujan, berikut 6 tips agar tetap aman.

Reporter: Zeidan Fadli

Editor: Jobpie Sugiharto

Minggu, 23 Oktober 2022 14:56 WIB

Seorang pria mendorong sepeda motornya di kawasan Tenden akibat hujan terus menerus seiring dengan meluasnya banjir.Jakarta, Kamis 6 Oktober 2022 Menurut warga, sejak pukul 16.00 WIB hingga pagi hari, risiko banjir belum juga surut yang diakibatkan menumpuknya mobil. Daerah. TEMPO/Febri Angga Palguna

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat musim hujan, pengendara sepeda motor harus berhati-hati di jalan raya. Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi mengingat kondisi jalan yang licin dan kondisi lainnya.

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan pengendara sepeda motor saat musim hujan:

1. Pengendara disarankan menggunakan jas hujan (baju dan celana), disarankan tidak menggunakan jas hujan jenis ponco karena melilit ban motor dan menutupi lampu belakang, yang dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

2. Gunakan helm dengan kaca terang/penglihatan jernih, helm/kaca visor terang tidak akan menghalangi atau mengurangi jarak pandang berkendara dalam kondisi hujan terutama pada malam hari. Jika Anda memiliki dana ekstra, cermin helm bisa dipasang.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Saat hujan, jalan menjadi licin dan jarak pengereman menjadi lebih jauh.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari menggunakan kecepatan yang terlalu tinggi karena akan membuat mesin sulit dikendalikan.

5. Mengoperasikan mesin dengan lancar saat berakselerasi atau mengerem: Penggunaan yang kasar dapat menyebabkan ban mudah selip dan jatuh.

6. Jika hujan deras disertai angin kencang, sebaiknya pengendara sepeda motor berlindung hingga kondisi membaik sebelum melanjutkan perjalanan.

MembacaMengapa pengendara sepeda motor dilarang menggunakan headphone?Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news