Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Oli Motor, Berikut Tips Mengatasinya.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Motor, Berikut Tips Mengatasinya.

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Selasa, 1 November 2022 19:00 WIB

PT Langitnya Motor Indonesia saat ini sedang berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN sebagai oli yang berkelanjutan. Triknya menggunakan bahan dasar ester yang membuat lampu lebih awet, oli lebih awet dan melindungi mesin lebih lama. Foto: PT Paradise Motor Indonesia

Kelasmekanik.com, Jakarta – Oli mesin merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Oleh karena itu, isiannya tidak boleh kurang atau lebih. Karena bisa berakibat buruk pada mobil.

Ini adalah suatu keharusan bagi mereka yang mengganti oli mesin secara mandiri. Dengan cara ini, pemilik kendaraan harus berhati-hati agar tidak menimbulkan masalah pada mesin Anda. Hal ini disampaikan langsung oleh Noor Imansyah Tara, Head of After Sales Department Auto2000.

“Isi oli mesin secukupnya dan periksa levelnya minimal seminggu sekali di dipstick untuk memastikan kurang atau lebih dari batas normal. Jika kurang atau lebih bisa menyebabkan masalah pada mesin mobil,” ujarnya. kata dalam pernyataan resmi.

Ketika pemilik mobil membaca manual pemilik atau bertanya pada ahlinya, tips untuk mengatasi masalah tersebut sangat sederhana. Nah, pada kesempatan kali ini, berikut redaksinya Gooto.com Kelebihan dan kekurangan oli motor antara lain :

Manfaat oli motor

Jumlah oli mesin yang berlebihan dapat menyebabkan performa mesin menurun. Tarikan mesin mobil dikatakan kuat, berkat putaran tinggi, karena oli bersirkulasi secara berlebihan.

Keadaan ini membuat konsumsi bensin semakin boros, karena mesin membutuhkan tenaga lebih untuk bergerak. Masalah-masalah ini mempengaruhi kemampuan pompa oli untuk melumasi dan kelebihan beban.

Seperti kemungkinan masalah lain seperti bocor atau bocornya oli dari blok mesin. Masalah kebocoran ini biasanya disebabkan oleh seal yang tidak dalam kondisi baik. Jika dibiarkan, masa pakai pompa dan filter oli mesin akan cepat berkurang.

Kurangnya oli mesin

Saat kekurangan oli, masalahnya mesin mudah panas, karena aliran oli kurang dari yang seharusnya. Keadaan ini memaksa tenaga mesin berkurang dan konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Tak hanya itu, sistem pelumasan suku cadang di mesin juga akan tidak merata. Kondisi seperti itu berpotensi lebih cepat aus, dan bisa berbahaya jika diabaikan dalam waktu lama.

Kurangnya oli mesin membuat mesin menjadi kasar karena gesekan terjadi akibat distribusi oli yang tidak merata. Dengan cara ini, bagian-bagian mesin berpotensi macet dan rusak.

Baca Juga: Dani Pedrosa Ikut Balap Lamborghini Super Trofeo World Trofeo

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news