Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan terkecoh, ini tips membedakan oli motor asli dan palsu.

Jangan terkecoh, ini tips membedakan oli motor asli dan palsu.

Reporter: Dickie Kurniawan

Editor: Rafif Rahadian

Rabu, 16 November 2022 17:02 WIB

Contoh pengisian oli mesin mobil. (AstraPeugeot)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Oli mesin merupakan bagian penting dari mesin mobil. Cairan pelumas ini berfungsi untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin sekaligus mencegah mesin dari panas berlebih.

Saat menggunakan oli motor, pemilik kendaraan harus waspada saat memilih. Karena ada oli motor asli dan palsu di pasaran saat ini.

Menurut technical specialist PTPL Brahmaputra Mahayana, untuk memilih oli kendaraan yang tepat, pemilik harus membaca ketentuan atau spesifikasi di manual kendaraan. Menggunakan oli yang salah atau oli palsu dapat mempengaruhi performa mesin.

“Kandungan oli mesin itu kompleks. Tidak hanya base oil, tapi juga ada aditif tertentu untuk mendukung pengoperasian mesin. Itu sebenarnya disiapkan sesuai kebutuhan mesin,” kata Brahma dalam keterangan resmi. . waktu Hari ini, Rabu, 16 November 2022

Brahma menegaskan, ada perbedaan yang signifikan kandungan atau kualitas oli motor asli dan palsu. Setiap produsen oli resmi motor pasti memiliki laboratorium untuk memastikan kualitas oli yang dihasilkannya.

Untuk membedakan oli mesin asli dan palsu, yang pertama adalah harganya. Konsumen jangan tergiur dengan harga oli yang murah dan pastikan membeli dari bengkel atau bengkel terpercaya.

Cara termudah untuk membedakan oli asli dan palsu adalah dengan melihat nomor batch oli. Nomor kemasan ini biasanya tertera pada tutup atau leher botol.

“Untuk oli pertamina kita produksi base numbernya menggunakan laser, harus konsisten, konsisten dan bersih. Yang palsu biasanya kosong, jenis dan ukuran fontnya tidak sama, tidak rata dan tidak simetris,” kata Brahma. .

Selain itu, Oli Asli juga memiliki kode QR yang dilampirkan pada bagian tertentu dari paket. Penerapan kode QR ini bertujuan untuk mencegah tumpahan minyak. “Biasanya nomor kode QR itu acak. Kalau nomornya sama, pasti palsu,” ujarnya.

Baca Juga: Kendaraan Listrik untuk Patroli Buatan Surabaya

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news