Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari ajang tabrak lari Harmony, berikut 4 tips bersepeda yang aman

Belajar dari ajang tabrak lari Harmony, berikut 4 tips bersepeda yang aman

Reporter: Magang_Merdeka

Editor: Rafif Rahadian

Senin, 7 November 2022 13:22 WIB

Gubernur Diki Jakarta Anius Basedan merotasi jalur sepeda di Taman Semangi, Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2022, saat soft launching fasilitas pejalan kaki dan pesepeda di Proyek Pembangunan dan Penyiapan Kawasan Semangi. Dan fasilitas jalur sepeda bertujuan untuk menyediakan ruang interaksi dan waterfront baru bagi ibu kota dan penduduk setempat. Antara foto / Aprilio Akbar

Kelasmekanik.com, JakartaBersepeda adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Setiap akhir pekan tiba, banyak dari mereka yang bersepeda di jalan raya.

Namun, dalam situasi tertentu, bersepeda bisa berbahaya. Misalnya, SSeorang pengendara sepeda jatuh dan ditembak oleh pengemudi mobil saat berlari. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 5 November 2022 sekitar pukul 08.00 WIB di Harmony Junction, Jakarta Pusat.

Fenomena ini membuat masyarakat yang gemar bersepeda harus lebih berhati-hati. Berikut ini adalah tips bermanfaat untuk bersepeda dengan aman di jalan raya. Gooto.com Dari berbagai sumber:

Pastikan tubuh sehat

Sebelum bersepeda, yang terpenting adalah memastikan kondisi tubuh yang sehat. Hindari aktivitas ini jika Anda sedang mengalami nyeri atau tidak kuat untuk menendang. Jika Anda memaksakan diri untuk bersepeda saat sedang sakit, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau terjatuh dari sepeda.

Periksa kondisi sepeda

Sebelum mengendarai sepeda di jalan raya, uji kondisi sepeda untuk memastikannya layak pakai. Dari kemungkinan ban pecah hingga bocor, rantai, pedal, jok, rem dan sebagainya.

Pastikan suku cadang ini dalam kondisi baik dan aman untuk penggunaan sepeda. Meski tergolong hal kecil, namun tetap harus diperhitungkan karena dapat menimbulkan bahaya.

Periksa pemain

Selain mengecek kondisi sepeda, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kelengkapan sepeda. Perlengkapan disini berupa helm untuk melindungi kepala, sarung tangan, masker dan kaca mata. Untuk menghindari masalah kulit, usahakan memakai pakaian dengan bahan yang menyerap keringat.

Selain itu, gunakan Perlindungan matahari Atau tabir surya pada tangan, wajah dan kaki untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jangan lupa siapkan minuman untuk menghindari dehidrasi.

Patuhi peraturan lalu lintas

Banyak pengendara sepeda yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, seperti memblokir jalan umum dan menerobos lampu merah. Ini adalah akar penyebab banyak kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, untuk menghindari kecelakaan, pengendara sepeda harus mematuhi peraturan yang ada.

Kolis Kurnia Wat

Baca juga:

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news