Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 tips menghilangkan jamur dan karat pada body mobil

4 tips menghilangkan jamur dan karat pada body mobil

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahadian

Selasa, 15 November 2022 12:00 WIB

Kaca mobil yang basah akibat hujan berpotensi menimbulkan jamur jika tidak segera dibersihkan. (Foto: Astra Peugeot)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Body mobil sangat rentan terhadap jamur dan karat saat memasuki musim hujan. Maka tak heran jika para pemilik kendaraan diminta ekstra hati-hati saat hujan.

Air hujan diduga memiliki kandungan asam yang mempengaruhi daya tahan mobil. Keasaman pada air hujan dikatakan menyebabkan parasit atau jamur yang dapat terlihat pada badan atau kaca.

“Jamur dan karat tidak hanya membuat tampilan mobil menjadi tidak menarik, tetapi juga dapat menyebabkan komponen kendaraan cepat rusak,” ujar Noor Imansyah Tara, Head of After-Sales Business Auto2000.

Dalam hal ini redaksi Gooto.com Menawarkan 4 tips untuk menghindari jamur dan karat pada body mobil saat memasuki musim hujan. Berikut review yang dilansir Auto2000 pada hari ini, Selasa 15 November 2022.

  1. Pilih tempat parkir

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memilih tempat parkir yang beratap. Dengan begini mobil Anda tidak akan terkena hujan secara langsung. Lalu di musim panas, kendaraan juga tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Rutin mencuci mobil

Pemilik kendaraan tidak disarankan membiarkan air hujan menempel di badan mobil dalam waktu lama. Anda diminta untuk mencuci atau menyemprot mobil dengan air bersih agar tidak ada jamur yang menempel.

Selain bagian body mobil, pemilik mobil juga wajib membersihkan undercarriage. Karena jika dibiarkan, kandungan air hujan tersebut dapat menyebabkan karat pada komponen mobil Anda.

  1. Periksa warna mobil

Di ujung ketiga, Anda akan diminta untuk mengecek kondisi warna mobil. Pastikan cat mobil tidak terkelupas. Karena celah itulah, karat bisa muncul pada body kendaraan.

  1. Hapus serangga dan jus

Terakhir, saran yang bisa dilakukan pemilik kendaraan adalah menghilangkan serangga dan getah pada mobil Anda. Pastikan body mobil bebas dari pengaruh serangga atau getah pohon selama perjalanan jauh. Jika kotoran terlihat, maka harus segera dibersihkan dengan sabun.

Baca Juga: Lewis Hamilton Sebut Dia Bentrok Dengan Verstappen di Formula 1 Brasil

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news