Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 tips keselamatan berkendara saat melintasi banjir

4 tips keselamatan berkendara saat melintasi banjir

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Kamis, 3 November 2022 15:52 WIB

Orang-orang mengendarai becak dan sepeda motor di jalan yang banjir saat Topan Sitrang terus diguyur hujan sebelum melanda negara itu di Dhaka, Bangladesh, 24 Oktober 2022. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat ini curah hujan semakin meningkat dan sudah mulai merata di seluruh wilayah. Kondisi tersebut menyebabkan jalan tergenang atau menimbulkan genangan air, sehingga pengendara sepeda motor harus berhati-hati.

Meski begitu, genangan air sekitar 5-10 cm tidak dianggap masalah. Namun, jika ketinggian air mempengaruhi knalpot sepeda motor Anda, situasi ini dapat menyebabkan masalah.

Jadi, bersiaplah untuk kesempatan ini Gooto.com Mencoba merangkum tips keselamatan berkendara saat melintasi jalan banjir dengan sepeda motor. Berikut ulasan yang dilansir Wahana Honda hari ini, Kamis 3 November 2022:

  1. Daun jendela dan lantai masih terpasang

Tips pertama yang tidak disarankan adalah melepas spatbor dan fairing pada sepeda motor Anda. Hal ini dikarenakan kedua komponen ini bekerja dengan cara membelah aliran air untuk mengurangi air yang masuk ke mesin.

Jadi, pastikan spakbor dan spakbor sepeda motor Anda terpasang kencang saat Anda harus melewati jalanan yang tergenang air. Jika tidak, kerusakan mesin bisa lebih besar.

  1. Berjalan lambat

Pengendara sepeda motor juga dihimbau untuk mengurangi kecepatan saat terpaksa melewati jalan yang tergenang air. Ini harus dilakukan untuk memperkirakan keberadaan lubang, batu atau benda tak terlihat lainnya.

Jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi saat banjir, potensi kecelakaan Anda lebih besar. Dengan mengemudi perlahan, air tidak masuk ke sistem kelistrikan mesin.

  1. Tutup bagian penting

Saat ingin mengatasi banjir, pengendara sepeda motor disarankan untuk menutupi beberapa hal penting dengan plastik dan karet. Bagian yang dimaksud adalah filter udara, oil pan dan kabel baja.

Pastikan bagian-bagian yang diperlukan tertutup rapat dan tidak ada celah kecil untuk masuknya air. Dengan cara ini, air tidak dapat merusak dan merusak bagian-bagian mesin pada sepeda motor.

  1. Matikan mesin

Tips pamungkas saat berkendara di tengah banjir adalah mematikan mesin sepeda motor. Hal ini dianjurkan untuk mengurangi risiko kerusakan dan kerusakan mesin. Tentu saja, jika mesin mogok di tengah banjir, akan sulit.

Baca Juga: 4 Suku Cadang Sepeda Motor Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news