Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 bagian sepeda motor yang harus diperhatikan saat musim hujan

4 bagian sepeda motor yang harus diperhatikan saat musim hujan

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Kamis, 3 November 2022 15:36 WIB

Astra Motor Yogyakarta akan menggelar 233 bengkel hingga 31 Agustus 2022 untuk mempromosikan promosi Liberty. (Foto: Astra Yogyakarta)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Pemilik sepeda motor disarankan untuk lebih memperhatikan saat memasuki musim hujan. Hal ini harus dilakukan karena kandungan asam dalam air hujan dapat merusak bagian-bagian mesin.

Anda dapat menghindari masalah dengan melakukan pemeriksaan rutin pada bagian-bagian penting sepeda motor Anda. Tidak hanya itu, semua komponen motor tetap sangat bagus sehingga Anda tetap merasa nyaman saat berkendara.

Jadi, bersiaplah untuk kesempatan ini Gooto.com Mencoba merangkum 4 komponen mesin yang harus dicek saat musim hujan tiba. Berikut kutipan dari Wahana Honda hari ini, Kamis, 3 November 2022:

  1. Tekanan ban

Hal pertama yang harus diperhatikan saat hujan adalah tekanan udara pada ban sepeda motor. Menurut Wahana Honda, tekanan ban depan 29 psi dan tekanan ban belakang 33 psi.

Ini menjaga tekanan udara pada ban sepeda motor dan melebarkan tapak ban ke permukaan jalan. Itu membuat cengkeraman yang lebih baik di permukaan jalan yang basah.

  1. Komponen pengereman

Pemeriksaan suku cadang rem harus dilakukan secara berkala tanpa menunggu musim hujan. Namun saat memasuki musim hujan, perhatian Anda harus lebih.

Disarankan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada komponen pengereman sepeda motor, seperti sela-sela rem. Periksa juga tuas starter komponen rem, kabel ke kampas rem.

  1. Rantai

Jika Anda masih memiliki sepeda motor yang menggunakan rantai, komponen tersebut harus diperiksa. Pengguna sepeda motor dapat memeriksa tingkat ketegangan rantai.

Disarankan agar posisi rantai sepeda motor tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar. Besarnya tegangan harus diperhatikan agar rantai dan roda gigi tidak mudah aus atau menyebabkan rantai lepas.

  1. busi

Komponen terakhir yang harus diperiksa adalah busi. Pastikan busi sepeda motor Anda tahan air. Jika Anda melihat ada drainase, segera keringkan dengan kain kering agar tidak mengganggu proses pencahayaan.

Baca juga: Pertama, GIIAS Semarang Akan Diselenggarakan pada 23-27 November 2022

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news