Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 tips menjaga ban motor agar tahan lama

3 tips menjaga ban motor agar tahan lama

Reporter: Magang_Merdeka

Editor: Rafif Rahadian

Selasa 22 November 2022 09:35 WIB

Seorang montir sedang memperbaiki sepeda motor di sebuah bengkel di Jakarta, Selasa, 26 April 2022. Bengkel sepeda motor banyak yang kebanjiran pelanggan menjelang kepulangan Ed, dan pelaku usaha memperkirakan keuntungan bengkel sepeda motor naik 50 menjadi 50. 70 persen dibandingkan hari biasa. Di antara foto/Mohamed Admaja

Kelasmekanik.com, Jakarta – Setiap pengendara harus memperhatikan kondisi ban sepeda motor agar berfungsi dengan baik saat berkendara. Karena part tersebut merupakan salah satu hal terpenting dalam berkendara.

Selain menjaga tekanan ban, kita perlu membuat ban luar lebih awet. Meskipun setiap ban sepeda motor memiliki masa pakai, menjaga keawetan ban merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik sepeda motor.

Berikut redaksinya Gooto.com Seperti yang telah disebutkan, itu merangkum rekomendasi untuk membuat ban sepeda motor bertahan lama Wahanahonda hari ini, Selasa, 21 November 2022

Perhatikan bebannya

Nasihat pertama yang dapat dilakukan pengendara sepeda motor adalah menghindari membawa terlalu banyak beban. Hal ini dapat menyebabkan ban sepeda motor cepat meledak. Selain itu, hindari jalan berlubang dan jangan menghentikan kendaraan secara tiba-tiba.

Setiap jenis sepeda motor dan ban biasanya memberikan informasi beban maksimal yang dapat dibawanya. Karena itu, pengemudi harus memperhatikan aturan yang dijelaskan dalam manual

Ban bersih pekerja keras

Ban sepeda motor selalu kotor setelah digunakan terus menerus, terutama saat musim hujan. Sebagian besar saat sepeda motor melewati jalan berbatu, pasti akan bergerak di antara ban sepeda motor.

Meski sederhana, batu ini bisa berbahaya. Batu yang menempel di ban akan menjadi salah satu penyebab kebocoran. Oleh karena itu, pengemudi harus rajin membersihkan ban untuk menghilangkan zat tersebut.

Selalu jaga tekanan udara

Menjaga tekanan udara bukan satu-satunya hal yang penting agar ban motor awet. Karena jika tekanan udara terlalu rendah atau terlalu tinggi akan sangat mempengaruhi umur ban. Oleh karena itu, agar ban awet dan berumur panjang, hal ini harus kita perhatikan.

KHOLIS KURNIA WATI | Wahanahonda

Baca Juga: Suzuki Resmikan Diler Baru di Bekasi, Tersedia Program Servis Gratis

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news