Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya

Reporter: Magang_Merdeka

Editor: Henry Prianto

Selasa, 8 November 2022 10:00 WIB

Contoh kunci mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

Kelasmekanik.com, JakartaAlarm mobil merupakan salah satu fitur tambahan pada mobil yang berperan penting dalam masalah keselamatan terutama saat tinggal di tempat umum. Setelah menghentikan mobil, bunyi alarm mobil merupakan tanda bahwa kendaraan telah terkunci dan aman. Sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir meninggalkan mobilnya di tempat umum.

Namun terkadang alarm mobil tidak bisa menyala pada situasi tertentu. Sebagian besar alasan alarm mobil tidak berbunyi adalah karena penggunaan pribadi yang lebih agresif atau tidak dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Berikut penyebab alarm mobil tidak berbunyi dan cara mengatasinya dari Auto2000.

Pintu mobil tidak tertutup rapat.

Pintu mobil yang tidak tertutup dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab mengapa alarm tidak berbunyi. Pintu yang tidak rapat dapat menyebabkan sistem tidak berfungsi. Walaupun kita buru-buru memastikan pintu mobil tertutup rapat, caranya sangat mudah.

Masalah sistem alarm mobil

Juga, jika kita tidak pernah memeriksa atau memperbaiki ini, ini bisa menjadi masalah besar dengan alarm yang tidak berfungsi. Pemeriksaan standar untuk bengkel ini adalah menjaga setiap bagian mobil dalam kondisi prima.

Baterai penguncian sentral mati

Central lock ini terletak pada pintu mobil dan perlu diganti dengan yang baru bila aki habis. Untuk menggantinya, Anda bisa mengunjungi bengkel terdekat dan mengecek mobil secara berkala agar terhindar dari masalah yang serius.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000

Baca Juga: 6 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news