Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengendarai sepeda motor saat berhenti di lampu merah

Sejumlah kendaraan melintasi traffic light CBB Sibubur di Jalan Raya Alternatif Sibubur, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 20 Juli 2022. Menyusul kecelakaan maut yang melibatkan mobil Pertamina dan beberapa kendaraan bermotor pada 18 Juli lalu, lampu lalu lintas di depan kawasan CBD perumahan Sitra Grand Sibubar kini dimatikan. TEMPO / M Taufan Rengganis

Kelasmekanik.com, Jakarta – Mengendarai sepeda motor dianggap lebih berbahaya jika terjadi kecelakaan. Insiden ini dapat terjadi dalam kondisi jalan apa pun, termasuk berhenti di lampu merah.

Bahkan jika Anda berada dalam posisi tetap, ada kemungkinan tabrakan dari belakang. Oleh karena itu, setiap pengendara sepeda motor harus waspada dalam situasi apapun.

Persiapkan kesempatan ini Gooto.com Coba berikan tips mengendarai sepeda motor saat berhenti di lampu merah. Berikut ulasan dari Dia mengendarai Honda Hari ini, Sabtu, 8 Oktober 2022:

Lihat tampilan belakang

Sebelum akhirnya berhenti di lampu merah, langkah pertama adalah melihat ke kaca spion. Anda dapat segera berhenti jika tidak ada kendaraan lain di belakang Anda. Namun jika kendaraan lain terlalu kencang, kurangi kecepatan secara perlahan.

Berhenti di tempat yang tepat

Tips mengendarai sepeda motor yang kedua adalah parkir di tempat yang tepat. Sepeda motor dilarang keras parkir di tempat teduh saat lampu merah menyala. Posisi ini bisa menyulitkan pengendara lain.

Tetap fokus

Berhenti di lampu merah bukan berarti pengemudi bisa santai dan memainkan ponselnya. Sebaiknya pengendara sepeda motor fokus mengendalikan kendaraan dan memastikan situasi aman saat berhenti di lampu merah.

Jangan lepaskan

Setiap pengemudi dapat menurunkan kakinya ke jalan saat berhenti. Tapi apa yang tidak bisa Anda lakukan adalah melepaskan tangan Anda dari pegangannya. Pengendara diminta untuk menjaga tangan mereka di setang, sehingga mereka dapat bergerak cepat ketika sesuatu terjadi.

Baca juga: Tips Berkendara Hemat BBM di Tengah Kenaikan Harga BBM

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news