Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips berkendara menggunakan mesin kopling untuk pemula

Tips berkendara menggunakan mesin kopling untuk pemula

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Jumat, 7 Oktober 2022 12:00 WIB

Seorang pengunjung mengendarai sepeda motor Triumph SMC Thruxton R di London, Inggris, pada 28 Oktober 2015. Thruxton dan Thruxton R memiliki suspensi kuat yang dapat disesuaikan untuk menjaga kenyamanan pengendara dan ban Pirelli dengan rem Brembo. , mode hujan, jalan raya dan olahraga, kontrol traksi, dan fitur “slip assist” kopling. (Carl Court/Getty Images)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Tips mengendarai sepeda motor dengan kopling dinilai tidak semudah mengendarai skuter matik. Karena kopling sepeda motor sendiri harus menggerakkan tuas kopling untuk mengganti gigi masing-masing.

Ini bisa tampak lebih menegangkan daripada mesin otomatis. Namun motor kopling memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah sensasi engine brake, akselerasi yang lebih mendadak dan bermain dengan putaran mesin.

Persiapkan kesempatan ini Gooto.com Termasuk tips untuk pemula berkendara menggunakan motor kopling. Lihat ulasannya di bawah ini Dia mengendarai Honda:

  1. Memahami dan memeriksa alat mesin kopling

Saran pertama yang harus dilakukan setiap pemula adalah memahami alat-alat pada mesin kopling. Misalnya memeriksa kondisi tuas kopling, perasaan halus dan ringan saat menarik.

Saat memasang tuas kopling, pastikan dibersihkan secara teratur seperti yang dijelaskan dalam manual. Langkah ini dilakukan agar pengoperasian kopling pada sepeda motor lebih maksimal.

  1. Mulai mesin

Setelah memahami dan memverifikasi perangkat mesin kopling, pemula diminta untuk menghidupkan mesin dengan percaya diri. Saat menghidupkan mesin, pastikan sepeda motor dalam keadaan netral, dan disarankan agar sepeda motor tidak bergerak saat rem belakang diinjak.

Tarik tuas kopling penuh, lalu hubungkan gigi 1. Kemudian lepas kopling perlahan sambil membuka gas. Kemudian saat ingin mengganti persneling dan berhenti, pengemudi harus menekan kopling sepenuhnya.

  1. Lihat permainan tuas kopling

Intinya adalah memahami permainan tuas kopling dalam situasi tertentu. Hindari menarik tuas kopling saat melakukan pengereman, karena akan membuat mesin lebih sulit dikendalikan tanpa rem sehingga menyebabkan mesin selip.

Pemula disarankan untuk mengoperasikan kopling hanya dalam tiga situasi, yaitu saat pertama kali bekerja, saat ingin mengganti gigi dan berhenti. Saat menurunkan persneling, disarankan agar putaran mesin tidak terlalu tinggi agar perpindahan gigi lancar.

Baca Juga: 10 Mobil Yang Bisa Dijajal Selama Pameran GIIAS Medan 2022

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news