Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengendara Motor Harus Hati-hati Saat Musim Hujan, Ini 6 Tips Keselamatannya

Pengendara Motor Harus Hati-hati Saat Musim Hujan, Ini 6 Tips Keselamatannya

Reporter: Zeidan Fadli

Editor: Jobpie Sugiharto

Minggu, 23 Oktober 2022 14:56 WIB

Seorang pria mendorong sepeda motor di kawasan Tenden akibat hujan terus menerus, seiring banjir yang masih berlanjut, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Menurut informasi warga, banjir sejak pukul 16.00 WIB hingga subuh belum surut dan menumpuk. Kendaraan di daerah. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Kelasmekanik.com, Jakarta – Selama musim hujan, pengendara sepeda motor harus berhati-hati di jalan. Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan mengingat kondisi jalan yang licin dan kondisi lainnya.

Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah menawarkan beberapa tips yang bisa diterapkan pengendara motor saat musim hujan:

1. Pengendara sepeda motor disarankan untuk memakai jas hujan seperti bulu (baju dan celana), bukan jas hujan model ponco karena mereka membungkus sepeda motor dan menutupi lampu belakang, membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

2. Gunakan helm dengan kaca terang/penglihatan jernih, helm/kaca visor terang tidak akan menghalangi atau mengurangi jarak pandang berkendara dalam kondisi hujan terutama pada malam hari. Jika Anda memiliki dana ekstra, cermin helm bisa dipasang.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Saat hujan, jalan menjadi licin dan jarak pengereman menjadi lebih panjang.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari menggunakan kecepatan yang terlalu tinggi, hal ini akan membuat mesin sulit dikendalikan.

5. Operasikan mesin dengan lancar saat akselerasi dan pengereman, penggunaan yang kasar akan menyebabkan ban mudah selip dan jatuh.

6. Jika hujan deras disertai angin kencang, sebaiknya pengendara sepeda motor berlindung sampai kondisi membaik sebelum melanjutkan perjalanan.

MembacaMengapa pengendara sepeda motor dilarang menggunakan headphone?Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news