Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengemudi harus tahu, berikut adalah beberapa tips untuk mengetahui apakah mobil Anda boros bensin

Pengemudi harus waspada, berikut adalah beberapa tips untuk mengetahui jika mobil Anda boros bensin.

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Jumat, 7 Oktober 2022 13:00 WIB

Orang-orang menunggu di dalam mobil untuk mendapatkan bensin di Zalqa, Lebanon, 20 Agustus 2021. [REUTERS/Mohamed Azakir/File Photo]

Kelasmekanik.com, Jakarta – Banyak mobil baru saat ini yang dilengkapi dengan teknologi yang mengutamakan efisiensi bahan bakar. Namun hal ini justru tidak akan membuat kendaraan Anda lebih irit bahan bakar.

Ada beberapa alasan mengapa mobil menggunakan lebih banyak bahan bakar. Salah satunya adalah gaya berkendara yang agresif dan mobil yang jarang mendapat perawatan. Hal ini tentu saja mempengaruhi efisiensi kendaraan.

Kali ini editornya Gooto.com Saya akan membahas beberapa tips untuk membantu Anda menentukan apakah mobil Anda menghabiskan bensin. Simak ulasannya di bawah ini seperti dikutip dari Auto2000 hari ini, Jumat 7 Oktober 2022:

  1. Isi ulang sering dengan bensin

Cara termudah untuk mengetahui apakah mobil Anda kotor atau tidak adalah dengan menghitung seberapa sering Anda mengisi bensin. Jika Anda mengisi bensin di pagi hari dan harus membelinya lagi keesokan harinya, itu tandanya mobil Anda macet.

  1. Asap asap hitam

Selain itu, pemilik kendaraan bisa melihat warna asap yang keluar dari knalpot. Jika warnanya mulai menghitam, biasanya ada masalah di karburator. Hal inilah yang menyebabkan tersumbatnya pipa-pipa kecil hingga mengganggu aliran bensin.

  1. Suara mesin kasar

Bunyi mesin yang kasar atau bising merupakan indikasi bahwa mobil Anda boros bahan bakar. Kondisi ini tidak hanya membuat konsumsi bensin menjadi tidak efektif, tetapi juga mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. Itu karena katup yang terlalu kencang atau longgar.

  1. Bau bensin

Tips selanjutnya untuk mengidentifikasi kendaraan yang bocor adalah bau bahan bakar yang menyengat. Situasi ini memungkinkan kebocoran di tangki bensin dan pengurangan konsumsi bahan bakar yang signifikan.

  1. Derek mobil berat

Tips terakhir adalah tarik mobil agar terasa berat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kelebihan beban. Dengan cara ini, mobil harus bekerja lebih banyak untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar. Hal ini pada akhirnya menyebabkan mobil boros bensin.

Baca Juga: Mercedes Yakin Juarai Sisa Seri Formula 1 2022

AUTO2000

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news