Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ETLE mulai berlaku, berikut beberapa tips berkendara yang aman.

Kelasmekanik.com, Jakarta – Polda Metro Jaya telah memperkenalkan tiket Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa wilayah Indonesia. Aturan tersebut mewajibkan pengemudi untuk menjaga tips berkendara yang aman dan nyaman.

Kamera ETLE sendiri sudah terpasang di berbagai wilayah Indonesia, dan sudah diterapkan di Pulau Jawa, Batam hingga Ambon. Pengemudi harus mematuhi peraturan lalu lintas untuk menghindari denda elektronik.

“Untuk menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keselamatan berlalu lintas, wajib mematuhi aturan dan tata tertib saat mengendarai mobil agar tidak merugikan pengguna jalan lain,” kata Kepala Bagian Purna Jual Auto2000 Nur Emansia Tara.

Persiapkan kesempatan ini Gooto.com Coba berikan tips mengemudi untuk menghindari tiket elektronik atau ETLE. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Auto2000 hari ini, Rabu, 5 Oktober 2022:

  1. Jangan memonopoli jalur lalu lintas

Tips pertama yang harus dilakukan setiap pengemudi adalah memperhatikan jalur lalu lintas. Pastikan Anda tidak memonopoli jalan karena dianggap menghambat arus lalu lintas.

Pengendara dihimbau untuk tidak berkendara pelan-pelan di jalur cepat. Sebaliknya, di lajur kiri, pengemudi harus mematuhi batas kecepatan yang ditentukan.

  1. Jangan main gadget

Selain itu, pengemudi tidak diperbolehkan untuk menggunakan atau bermain dengan gadget saat mengemudi. Hal ini sangat berbahaya karena perhatian pengemudi terbagi. Jika tertangkap kamera ETLE, Anda bisa mendapatkan tiket elektronik.

  1. Jangan hanya menggunakan klakson

Etika berkendara selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan setir saat berkendara. Karena bisa mengganggu pengendara lain.

Sekadar informasi, klakson digunakan untuk memberi sinyal dan diperbolehkan digunakan untuk memberi sinyal sesekali. Jadi Anda tidak bisa menggunakan klakson sesuka hati.

  1. Gunakan lampu sein saat berbelok

Terakhir, pengemudi harus memberi isyarat saat ingin belok kanan atau kiri. Caranya, kamu tinggal menyalakan lampu sein tergantung arah yang ingin kamu ambil. Dengan begitu, pengguna jalan lain dapat mempersiapkan dan mengantisipasi pergerakan kendaraan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : Tips Memutar Ban Mobil Agar Aman Berkendara

AUTO2000

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news