Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 komponen vespa otomatis yang harus dicek saat terjadi water hammer

6 komponen vespa otomatis yang harus dicek saat terjadi water hammer

Reporter: Gooto.com

Editor: Rafif Rahedian

Sabtu, 22 Oktober 2022 17:00 WIB

Vespa otomatis. (Foto: Skuter VIP)

Kelasmekanik.com, Jakarta – Beberapa pengendara dihimbau untuk lebih memperhatikan kesehatan sepeda motornya menjelang musim hujan. Hal ini juga harus dilakukan oleh pemilik vespa matic untuk menghindari water hammer.

Masalah water hammer adalah ketika terlalu banyak air yang masuk ke ruang bakar. Jika demikian, masalahnya sangat berbahaya bagi mesin.

Water hammer sendiri bisa terjadi jika pemilik kendaraan melibas banjir. Bagi pengguna skutik, ada banyak bahaya ketika mereka nekat menyeberangi banjir.

Daniel Sagitta, pendiri Scooter VIP Workshop, membagikan komponen apa saja yang harus diperiksa untuk mencegah water hammer pada Vespa matic. Berikut redaksinya Gooto.com Saya telah merangkumnya khusus untuk Anda:

Penyaring udara

Tips pertama yang harus diperhatikan oleh pemilik vespa matic adalah dengan mengecek filter udara. Organ ini bertanggung jawab untuk menyaring limbah, sehingga paparan air berlebih tidak diperbolehkan.

Kelelahan

Kedua, pengguna Vespa matic disarankan untuk mengecek knalpot. Karena jika knalpot masuk dengan air, maka akan menghambat kinerja knalpot.

CVT

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memeriksa transmisi variabel kontinu atau komponen CVT. Jika air masuk ke bagian tersebut, kinerja penggerak dan puli yang digerakkan akan terganggu, sehingga tenaga tidak akan disalurkan ke roda.

Oli mesin

Saat oli bercampur air, otomatis merusak bagian dalam mesin Vespa. Jika air masuk ke ruang oli, oli mesin perlu diganti. Untuk mengetahui apakah oli tercampur dengan air, maka anda bisa mengunjungi bengkel terdekat.

Baterai

Bagian selanjutnya yang harus diperiksa adalah baterai. Ini adalah bagian penting dari Vespa Electric matic. Jika harus kebanjiran, lebih baik mengganti baterai.

Tangki bensin

Terakhir, tangki bensin harus diperiksa dengan benar. Jika pemilik Vespa matic benar-benar kebanjiran, maka ada baiknya untuk mengecek tangki bahan bakar. Anda bisa menuangkannya sampai gas habis.

Baca Juga: Saran Dorna Untuk Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP Indonesia 2023

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news