Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk tips perawatan motor, perhatikan 6 langkah ini


Mekanik sedang servis Yamaha RX King di Bajaj Motor Bogor. TEMPO/Wisnu Andebar

Kelasmekanik.com, Jakarta – Tips perawatan sepeda motor sederhana harus menjadi perhatian pengendara sepeda motor. Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena selain murah juga memudahkan pergerakan terutama di kota-kota besar yang sering terjadi kemacetan.

Pengguna sepeda motor seringkali melupakan perawatan karena mesin masih bisa digunakan. Berikut beberapa tips sederhana untuk merawat motor Anda Hari ini, Jumat, 9 September 2022 Diposting oleh Astramotor:

1. Ganti oli mesin secara teraturJika Anda ingin motor Anda awet dan tahan lama, Anda harus rajin mengganti oli mesin. Oli berguna untuk merawat dan mendinginkan mesin selama operasi. Ganti oli mesin paling lama dua bulan sekali, tapi ini bisa disesuaikan tergantung penggunaan mesin.

2. Periksa aki sepeda motorBaterai merupakan bagian penting dari motor listrik. Selalu periksa aki motor, jika menggunakan aki basah sebaiknya dicharge saat aki habis. Tetapi jika menggunakan baterai kering, jika dayanya berkurang, buat baterai menjadi elektrolitik.

3. Gunakan lampu dekat dan jauh bergantianTips perawatan sepeda motor lainnya adalah dengan mengganti penggunaan lampu saat berkendara untuk memperpanjang umur lampu sepeda motor Anda. Gunakan high beam di siang hari dan low beam di malam hari.

4. Cek kondisi ban motorMemeriksa kondisi angin ban pada sepeda motor adalah wajib untuk menghindari kecelakaan atau kebocoran dan kerusakan pada ban.

5. Cuci motor seminggu sekaliSelain enak dipandang, mencuci sepeda motor juga membantu menghilangkan air dan debu dari sepeda motor Anda. Apalagi saat musim hujan, kendaraan dirawat dengan baik dengan rajin mencuci mesin.

6. Layanan regulerTips Perawatan Sepeda Motor Sederhana Langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan sepeda motor secara rutin agar sepeda motor tetap nyaman dan aman dikendarai. Servis sepeda motor bisa dilakukan setiap 5.000 km atau lebih sering. Bawa mesin Anda ke bengkel resmi untuk mendapatkan jaminan perbaikan.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news