Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengemudi di malam hari

Kelasmekanik.com, – Beberapa pengemudi masih lebih suka berkendara jarak jauh di malam hari. Seringkali keputusan untuk menghindari masalah kemacetan di jalan raya.

Namun saat berkendara di malam hari, pengemudi harus menghadapi beberapa masalah. Karena saat matahari mulai terbit, cahayanya kurang, sehingga membutuhkan banyak perhatian saat berkendara.

Kondisi jalan yang sepi dapat membuat risiko berkendara pada malam hari lebih tinggi dibandingkan pada siang hari. Terutama bagi yang menggunakan sepeda motor, sebaiknya memilih jalan yang sepi saat berkendara di malam hari.

Dilansir dari Suzuki hari ini, Rabu 21 September 2022. Salah satu faktor yang meningkatkan risiko mengemudi di malam hari adalah visibilitas yang buruk. Karena pada saat itu, penglihatan kita terbatas saat kita berkendara.

Tidak hanya itu, penurunan kondisi fisik manusia pada malam hari juga meningkatkan risiko kecelakaan. Jika tubuh kita dipaksa untuk beraktivitas sampai malam, maka akan membuat tubuh kita lelah dan mengantuk.

Bagi Anda yang lebih suka berkendara, melintasi jalan tol seringkali menjadi pemicu rasa lelah dan ngantuk. Apalagi dipadukan dengan kondisi malam yang gelap dan sejuk. Jika Anda benar-benar harus mengemudi di malam hari, berikut 5 tips mengatasi kantuk saat berkendara.

1. Istirahat yang cukup di siang hari

Tidur ini membantu tubuh merasa segar saat berkendara di malam hari, sehingga mengurangi risiko kecelakaan.

2. Minum kopi hitam

Kopi berkafein dapat membantu Anda tertidur dengan mudah. Karena kafein dalam kopi sangat besar, efeknya sangat efektif, biasanya bekerja dalam waktu setengah jam setelah minum kopi hitam.

3. Permen karet

Efek mengunyah permen karet terus-menerus adalah gerakan otot di wajah lebih terangsang. Darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Mengunyah permen karet juga dipercaya dapat menurunkan kadar hormon stres dan membantu Anda merasa lebih rileks saat berkendara.

4. Berdiakusi Ringan

Kehadiran orang lain di dalam mobil akan lebih aktif. Seorang teman atau anggota keluarga dapat membuat Anda lebih aktif dengan berbicara dan mendengarkan Anda. Selain itu, Anda tidak perlu takut ketika tanda-tanda ngantuk mulai muncul, karena teman Anda akan mengingatkan dan menyarankan Anda untuk menepi demi keselamatan Anda. Akan menjadi keuntungan jika sobat dapat mengendarai mobil atau motor, sehingga perjalanan dapat dilanjutkan tanpa perlu derek.

5. Pergi ke tempat peristirahatan dan istirahat

Jangan hentikan rasa kantuk, Anda bisa tidur selama 15 menit untuk menghilangkan rasa kantuk. Jika tidak, Anda bisa tidur setiap dua jam.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news