Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lenovo telah memperkenalkan ThinkPad X1 Fold 16 inci, yang dikatakan akan menghadirkan pengalaman masa depan

ThinkPad X1 Fold, laptop dengan layar lipat 16 inci. Lihat keunggulan Lenovo di perangkat ini.

ThinkPad X1 Lipat. (Lenovo)

Kelasmekanik.com – Lenovo telah secara resmi mengumumkan ketersediaan ThinkPad X1 Fold, yang dikatakan sebagai PC lipat generasi berikutnya. Sebuah perangkat yang menarik perhatian saat pertama kali diperkenalkan.

ThinkPad X1 Fold mendefinisikan kategori PC yang dapat dilipat yang dibuat oleh Lenovo saat diperkenalkan pada tahun 2020. ThinkPad X1 Fold baru dirancang untuk menghadirkan kinerja PC penuh dengan ukuran layar yang lebih besar, sambil mempertahankan portabilitas luar biasa yang ditawarkan perangkat ulasan ini.

Sebagai salah satu laptop 16 inci paling ringan dan serbaguna di dunia, generasi baru ini menawarkan perangkat portabel dan bertenaga – dengan desain tipis dan ramping yang dapat digunakan dengan nyaman sebagai PC utama. Upgrade PC dengan spesifikasi terbaru di kategori tersebut memang tidak mudah, namun Lenovo berhasil melakukannya.

Menggabungkan umpan balik pelanggan dan wawasan pengguna akhir, desain laptop baru ini menampilkan layar lipat OLED 16 inci 22% lebih besar, sasis 25% lebih tipis, dan bezel tipis di sekitar layar untuk menghadirkan tampilan dan nuansa premium yang ramping. Bingkai aluminium dan penutup belakang terbuat dari kain tenun berkualitas 100%.

Saat merancang alat generasi berikutnya, ada manfaat untuk mempelajari pengalaman pelanggan dasar dan tren sosial dengan masukan dari pengguna saat ini. Wawasan ini membantu Lenovo menentukan empat bidang utama di mana pengalaman harus sempurna: kinerja, keyboard, tampilan, dan desain.

Rasakan generasi baru layar lipat

ThinkPad X1 Lipat.  (Lenovo)
ThinkPad X1 Lipat. (Lenovo)

Didukung oleh Intel vPro, Intel Evo Design hingga prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12 dan grafis Intel Iris X, ThinkPad X1 Fold generasi baru menghadirkan kinerja superior dalam faktor bentuk yang dapat dilipat.

Menggabungkan opsi memori mulai dari penyimpanan SSD hingga 1TB1 dan hingga 32GB LPDDR5, Windows 11 Home atau Pro berjalan dengan lancar terlepas dari skenario penggunaan yang dipilih.

Pengalaman mengetik yang baik dan akrab di PC utama pengguna sangat penting. ThinkPad X1 Fold generasi baru dilengkapi dengan keyboard backlit ukuran penuh opsional dengan TrackPoint dan touchpad haptic besar yang dapat dihubungkan ke atau digunakan dalam mode komputer terpisah.

Untuk pengalaman laptop 12 inci yang berfungsi penuh, keyboard dapat dipasang secara magnetis ke bagian bawah layar untuk mode laptop klasik. Tampilan layar yang lebih besar berarti peningkatan produktivitas, dan selanjutnya memfasilitasi gaya kerja hibrida dengan berfokus pada kebutuhan akan ruang layar yang lebih besar.

ThinkPad X1 Fold baru menawarkan ruang yang sangat luas, dan layar dapat menyesuaikan perangkat dengan cara yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna. Panel layar lipat OLED warna ultra-terang ini berukuran 16,3 inci dengan rasio aspek 4:3, menawarkan ruang maksimum dalam kemasan yang ringan, orientasi layar serbaguna dalam mode potret atau lanskap, dan bahkan dapat dilipat.

Tampilan ini dapat dikonfigurasi dengan pena yang terhubung secara magnetis menggunakan protokol Wacom. Hebatnya, ThinkPad X1 Fold baru dapat melakukan streaming acara, film, dan olahraga pada HDR hingga 600nits dan perangkat yang didukung Dolby Vision.

Karena pengguna terus mencari desain yang dapat mengekspresikan kepribadian yang berbeda dan menciptakan hubungan emosional yang mendalam dengan teknologi, tampilan dan nuansa perangkat akan menjadi lebih penting, yang keduanya sering menjadi pilar utama kehidupan sehari-hari pengguna.

Rancang PC yang dapat dilipat dengan mulus dengan bezel tipis, layar besar, dan perangkat ramping secara keseluruhan.
Ketekunan, tentu saja, tidak datang tanpa tantangan. ThinkPad X1 Fold memiliki ketebalan kurang dari 10mm dan menampilkan bezel berukuran hanya 8,6mm saat dibuka dengan ketebalan 17,4mm yang mengesankan.

Seperti semua laptop ThinkPad, ThinkPad X1 Fold telah lulus metode pengujian ketat Lenovo yang dikombinasikan dengan standarisasi MIL-STD-810H untuk memaksimalkan daya tahan dan jaminan kualitas laptop ini. Terbuat dari 100% kain daur ulang berkualitas, bahkan penutup laptop ini telah teruji ketahanan dan keandalannya.

Fleksibilitas maksimum tanpa masalah

ThinkPad X1 Lipat.  (Lenovo)
ThinkPad X1 Lipat. (Lenovo)

Lenovo terus berinovasi untuk menciptakan lebih banyak mode penggunaan, dan dengan perangkat ini, teknologi PC yang dapat dilipat ditampilkan secara penuh. ThinkPad X1 Fold generasi baru membentuk masa depan baru dengan menawarkan lebih banyak real estat layar dan pengalaman menonton laptop 16 inci daripada opsi laptop clamshell tradisional dengan layar setengah terlipat.

Laptop ini mudah dilipat menjadi sub-laptop 13 inci untuk membawa dan menyimpan laptop yang ringan dan ramping. Desain inovatif ini menghadirkan keserbagunaan luar biasa untuk mengubah kebutuhan pengguna dan memberikan salah satu pengalaman komputasi yang paling menyenangkan.

Untuk produktivitas, kolaborasi, konsumsi konten, membaca, menulis, mengedit, dan tujuan lainnya, Anda dapat dengan mudah mengakses kasus penggunaan apa pun yang paling nyaman bagi Anda. Mode yang dikendalikan oleh antarmuka sakelar mode yang sudah dikenal meliputi:

  • Clamshell klasik, atau mode laptop, layar utama 12 inci dengan keyboard layar di bagian bawah layar, atau keyboard ThinkPad Bluetooth TrackPoint ukuran penuh opsional. Mode ini ideal untuk produktivitas penuh di ruang terbatas seperti pesawat terbang, kereta api, dan mobil.
  • Mode lansekap, atau mode all-in-one, menawarkan perubahan yang jarang terjadi. Ketika mereka tiba di tempat tujuan, pengguna dapat melipat perangkat ke dalam format lanskap dengan dudukan dan menghubungkan laptop ke keyboard – baik terhubung ke dudukan atau terpisah – untuk menciptakan multitasking yang efisien atau laptop 16 inci yang mengesankan. Pendekatan.
  • Mode potret adalah fitur baru yang telah menarik pengguna selama pengujian. Putar perangkat ke mode potret untuk layar besar 16 inci – terbukti sangat efektif untuk membaca dan mengedit dokumen panjang, sekaligus membuka umpan sosial, situs web, dan tab.
  • Mode Buku tidak memerlukan pengenalan lebih lanjut ke dalam teknologi layar lipat, tetapi dalam hal membaca, ini adalah layar 16 inci yang dapat dilipat menjadi dua. Mode ini sangat efektif untuk mengedit teks atau browsing publikasi digital.
  • Terakhir, mode tablet dapat digunakan dalam mode potret atau lanskap, yang memudahkan komunikasi kreatif, atau interaksi dengan keluarga dan kolega dengan pena magnet dan layar yang didukung oleh Dolby Vision untuk konsumsi konten.

Diciptakan untuk membentuk masa depan

ThinkPad X1 Lipat.  (Lenovo)
ThinkPad X1 Lipat. (Lenovo)

Desainer dan insinyur Lenovo telah bekerja tanpa lelah untuk menciptakan generasi baru ThinkPad X1 Fold, yang telah mendefinisikan ulang kategori layar yang dapat dilipat.

Layar yang lebih besar memerlukan desain ulang engsel dan panel, desain ulang ini menghasilkan engsel berbentuk lonceng yang memungkinkan panel layar lipat OLED terlipat rata baik dalam posisi terbuka maupun tertutup, dan sistem engsel menjadi lebih tipis.

Lebih dari dua ratus komponen bergerak secara paralel dalam desain engsel ini untuk memaksimalkan konsistensi dan ketahanan layar. Antarmuka layar baru telah dikembangkan yang melipat area yang tidak aktif untuk membuatnya bertahan lebih lama dan membuat tepinya lebih tipis.

Bingkai rana hybrid pada perangkat telah didesain ulang dengan manfaat ganda dari perangkat yang ramping, yang menciptakan lebih banyak ruang untuk antena dan memudahkan pekerjaan lapangan pengguna.

Insinyur Lenovo juga mengembangkan lembaran grafit melengkung yang dipatenkan untuk desain tanpa kipas yang sangat kuat untuk mendistribusikan panas ke seluruh sistem.

Desain dan teknik terobosan ini harus dilengkapi dengan pengalaman pengguna yang luar biasa. Keyboard yang disebutkan di atas mencakup aplikasi Menu Cepat Komunikasi TrackPoint yang dapat diklik, dan menyediakan akses cepat ke fungsi kamera dan mikrofon. Namun, gagasan untuk menggunakan banyak mode sangat penting.

Tiga port USB Type-C, termasuk dua port Intel Thunderbolt 4 sehingga setidaknya dua port pada perangkat dapat diakses dalam mode penggunaan apa pun. Prinsip yang sama berlaku untuk speaker dan mikrofon, di mana tiga speaker Dolby Atmos terhubung dan dua speaker selalu aktif untuk suara stereo.

Selain itu, terdapat susunan mikrofon ganda ganda, yang salah satunya berfungsi sebagai mode kerja, dengan mikrofon Dolby Voice dan kinerja speaker yang menampilkan teknologi audio spasial untuk pengalaman konferensi atau rapat virtual yang menakjubkan.

Untuk memanfaatkan faktor bentuk unik dari ThinkPad X1 Fold baru, Lenovo telah menggabungkan Intel Visual Sensor Controller (VSC), chip bertenaga AI yang memastikan pengalaman pengguna yang lancar terlepas dari bagaimana pengguna menggunakan perangkat.

Baik perangkat dalam mode potret, lanskap, atau laptop, Intel VSC secara otomatis mengelola tampilan horizontal 75 derajat kamera yang disempurnakan untuk menggunakan bingkai otomatis Windows 11.

Navigasi cerdas pada perangkat membuat ThinkPad X1 Fold baru sangat sensitif dan responsif. Fitur “Wake-on-approach” membangunkan sistem secara instan dan secara otomatis mengenali pengguna (dan hanya pengguna yang telah ditentukan sebelumnya) ketika pengguna mendekati perangkat dan memasangkan dengan Windows Hello – menyediakan login tanpa sentuhan sederhana.

Untuk keamanan tambahan, fitur “Deteksi Pengunjung” memungkinkan pengguna mengetahui ketika seseorang mengintip perangkat untuk melindungi informasi pribadi mereka, dan fitur “berjalan-jauh-kunci” akan mengunci sistem mereka untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

Intel VSC menggunakan Smart Sensing untuk mengoptimalkan pengaturan tampilan dengan mengurangi tingkat tergantung pada jenis konten, dan menggunakan Smart Dimming untuk mengurangi daya saat pengguna tidak menggunakan layar secara aktif. Kemampuan ini digabungkan untuk membuat ThinkPad X1 Fold generasi baru lebih alami dan lebih interaktif.

Intel VSC membantu pengguna mengelola konsumsi daya dan mengelola PC yang aman, responsif, imersif, dan bertenaga secara efisien tanpa mengorbankan kinerja, kualitas, atau masa pakai baterai untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Wawasan dari pelanggan dan teknik dasar digabungkan untuk menciptakan pengalaman komputasi yang paling inovatif dan menarik. Setiap terobosan teknologi dan fitur kegunaan telah diterapkan dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna.

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjangnya terhadap masa depan komputasi pribadi, Lenovo menepati janjinya dengan teknologi layar yang dapat dilipat. Bentuk masa depan dimulai hari ini dengan generasi baru ThinkPad X1 Fold.