Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui perbedaan antara rem ABS dan non-ABS (otomatis).

Ketahui perbedaan antara rem ABS dan non-ABS (otomatis).

Reporter: Hillman Haikal Zainubi

Editor: Jobpie Sugiharto

Jumat, 16 September 2022 13:29 WIB

Volvo V40 merupakan mobil yang gesit, responsif dan sangat nyaman dikendarai. Rem cakram di keempat roda, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Electronic Brake Assist (EBA). netcarshow.com

Kelasmekanik.com, Jakarta – Komponen rem mobil dan motor merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem keselamatan berkendara. Pabrikan kendaraan berinovasi untuk memberikan tambahan fitur kendaraan, salah satunya adalah fitur rem seperti ABS (anti-lock braking system) dan rem non-ABS.

Rem ABS menggabungkan teknologi baru dalam sistem pengereman kendaraan. Saat pengemudi mobil atau motor melakukan pengereman mendadak, sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci. Fitur sensor kecepatan, booster rem, unit hidrolik.

Pengereman non-ABS adalah sistem tradisional yang hanya bekerja, artinya ketika Anda menginjak pedal rem, bantalan rem memberikan tekanan, memperlambat mobil.

Berikut penjelasan perbedaan rem ABS dan non ABS. Auto2000 Hari ini, Jumat, 16 September 2022:

1. Bagaimana cara kerjanya?Dengan sistem rem ABS, saat pengemudi mobil melakukan pengereman mendadak dan keras, roda tidak langsung mengunci. Sensor kecepatan yang dipasang pada roda mendeteksi kondisi penguncian. Sensor mengirimkan sinyal ke ECM (Electronic Control Module). ECM kemudian menginstruksikan katup pengereman untuk menghentikan transmisi tekanan hidrolik ke sistem rem, sehingga berputar lagi.

Sedangkan untuk rem ABS, ketika pengendara mobil atau motor menekan pedal rem secara tiba-tiba dan kuat, menyebabkan roda terkunci. Ketika roda terkunci, kendaraan menjadi sulit dikendalikan dan menyebabkan selip roda.

2. Perbedaan komponen remRem mobil ABS memiliki lebih banyak komponen daripada rem non-ABS. Komponen rem ABS meliputi ECM, sensor kecepatan, katup rem dan pompa. Sedangkan komponen rem non-ABS adalah kampas rem saja.

3. Performa kendaraanMobil dengan rem ABS memberikan pengereman yang lebih baik daripada mobil dengan rem non-ABS.

MembacaLampu Rem ABS Mobil Hidup, Begini Cara Memperbaikinya

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram Pergi ke.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news