Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting....Mencuci Motor Setelah Hujan

Contoh mencuci sepeda motor. TEMPO/Wawan Priyanto

Kelasmekanik.com, Jakarta – Mencuci sepeda motor merupakan salah satu perawatan agar body sepeda motor tetap bersih dan terlihat bersih, selain itu menjaga kebersihan sepeda motor juga membuat kendaraan enak dipandang mata. Saat musim hujan, sepeda motor rawan kotor karena melintasi jalan basah dan genangan air. Jadi sebaiknya Anda lebih rajin mencuci sepeda motor saat musim hujan.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa mencuci sepeda motor saat musim hujan tidak ada gunanya karena nanti akan kotor lagi. Namun, jangan salah, karena mencuci mesin setelah hujan sangat penting karena air hujan berpotensi merusaknya secara bertahap. Nah simak penjelasan berikut ini tentang akibat buruk dari terlalu malas untuk mencuci sepeda motor. Dilansir dari Suzuki hari ini, Minggu, 11 September 2022:

  1. Mesin terlalu panas

Jika Anda tidak mencuci mesin saat hujan, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah mesin bisa overheat karena lama-lama air hujan lama menjadi kotor dan akan masuk ke radiator. Jika iya, berarti mesin mengalami overheat atau lebih dikenal dengan istilah overheating.

  1. Suspensi rusak

Selain mesin, suspensi juga bisa rusak karena tetesan air hujan jika dibiarkan begitu saja. Kotoran hujan bisa membuat suspensi terdengar sangat mengganggu dan tidak mulus.

  1. Rantai akan berkarat

Rantai tersebut terkena air hujan secara langsung dan dipengaruhi oleh jalan yang tergenang air. Jika tidak disetel, rantai akan berkarat dan mengeluarkan suara yang tidak menyenangkan, dan kemudian rantai dapat putus atau putus karena pelumasan yang tidak memadai dan karat kering.

  1. Karat terjadi pada bagian logam

Selain rantai, bagian logam pada sepeda motor seperti velg, kick starter, anak tangga, dll akan berkarat jika tidak segera dibersihkan. Air hujan yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan korosi pada bagian logam dengan cepat dan jika bagian tersebut berkarat akan terhambat dan tidak sedap dipandang.

  1. Tubuh menjadi kusam.

Kotoran yang menempel di body dan kotoran yang masuk ke kiri membuat body mati rasa dan menimbulkan kerak kotoran pada kaki motor yang sulit dibersihkan nantinya. Selain itu, menimbulkan bintik-bintik air atau bintik-bintik pada sepeda motor yang membuat sepeda motor terlihat beku.

Jika kita terlalu malas untuk mencuci mesin saat hujan, berikut infonya. Oleh karena itu, seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya jika Anda merawat mesin dan mencucinya secara rutin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news