Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Diduga Ada Masalah Keamanan dengan Chipset MediaTek, Xiaomi Ambil Tindakan Tegas Ini

Menurut Stephanie Cecilia, Associate Marketing Director Xiaomi Indonesia, perusahaan telah menemukan penyebab kerentanan ini.

logo xiaomi

Kelasmekanik.com – Akun Instagram Polda Metro Jaya yang diunggah beberapa waktu lalu mengungkap celah keamanan yang disebut-sebut muncul pada ponsel asal China dengan chipset MediaTek.

Dalam unggahan tersebut, Polda Metro Jaya meminta pengguna untuk lebih proaktif sebelum memilih menggunakan perangkat dengan chipset MediaTek dari China.

Sebagai salah satu vendor HP yang biasanya menggunakan chipset MediaTek sebagai otaknya, Xiaomi mengatakan hal itu dalam keterangannya dari Polda Metro Jaya.

Menurut Stephanie Sicilia, Associate Marketing Director Xiaomi Indonesia yang dihubungi HiTekno Group, perusahaan telah menemukan penyebab kerentanan pada perangkatnya.

Secara khusus, masalah keamanan ini telah diselesaikan oleh tim teknis yang bekerja sama untuk melakukan proses pemeliharaan. Dia juga mengatakan bahwa masalah keamanan ini hanya ditemukan pada beberapa perangkat.

Redmi 9T.  (Xiaomi Indonesia)
Redmi 9T. (Xiaomi Indonesia)

Penyebab kerentanan tersebut diidentifikasi. Saat ini, tim teknis bekerja sama dengan mitra terkait untuk menghilangkan risiko dan perbaikan proses telah dilakukan.kata Stephanie Cicely.

Stephanie Sicilia juga menegaskan bahwa perangkat dengan chipset MediaTek yang memiliki masalah keamanan tidak resmi tersedia di pasar Indonesia.

Kerentanan hanya ditemukan di perangkat kecil dan membutuhkan teknologi ‘peretakan’ canggih untuk mencegahnya memengaruhi atau merugikan pengguna. Sebagai informasi tambahan, perangkat tersebut belum resmi tersedia untuk pasar Indonesia.Dia melanjutkan.

Dalam unggahan tersebut, Polda Metro Jaya tidak menyebut jajaran perangkat dengan chipset MediaTek yang ditengarai memiliki masalah keamanan ini.