Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapatkah China sekarang memproduksi sendiri semikonduktor yang memenuhi syarat untuk mencegah boikot dari Amerika Serikat?

Industri chip semikonduktor memanas, Cina berkembang pesat, Amerika takut.

Contoh semikonduktor. (piksel)

Kelasmekanik.com – Ketika Washington mengambil langkah-langkah untuk membatasi kemampuan Beijing untuk memproduksi chip canggih dan mengamankan dominasi atas teknologi strategis, China memiliki potensi untuk bergerak cepat di depan AS dan sekutunya dalam masalah semikonduktor.

Dilaporkan dari Al JazeeraPekan lalu, Washington membatasi penjualan prosesor grafis canggih (GPU) Nvidia dan AMD tertentu ke China yang digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan dan superkomputer.

Langkah ini mengikuti larangan bulan lalu oleh Departemen Perdagangan AS pada ekspor ke China perangkat lunak otomatisasi desain elektronik (EDA) yang digunakan untuk memproduksi chip generasi berikutnya.

Sementara itu, Washington mendorong sekutu Asia Timur Taiwan, Korea Selatan dan Jepang untuk membentuk aliansi industri “CHIP 4” untuk mengisolasi China dari ekosistem teknologi global, dan mendukung upaya untuk meningkatkan industri dalam negerinya dengan mengesahkan UU CHIPS. $ 52 miliar dalam bentuk subsidi untuk perusahaan yang membuat keripik di tanah Amerika.

Contoh semikonduktor.  (piksel)
Contoh semikonduktor. (piksel)

“Ini pencapaian besar,” kata Dylan Patel, seorang analis industri dan penulis buletin. Analisis semiuntuk media.

“Semikonduktor kehilangan beberapa properti, tetapi berfungsi sepenuhnya.”

“Ini adalah tanda nyata pertama bahwa mereka telah menembus penghalang yang tidak dapat diatasi ini. Sekarang mereka harus secara bertahap meningkatkan desain mereka dan menghasilkan chip bernilai tinggi.”


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news