Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara screenshot di laptop langsung save, berikut langkah-langkah sederhananya

Bingung cara screenshot di laptop? Simak trik berikut ini.

Contoh laptop. (Meludah)

Kelasmekanik.com – Masih bingung bagaimana cara langsung menyimpan screenshot di laptop? Pada semua jenis laptop terdapat fitur untuk mengambil screenshot, bahkan fitur ini termasuk dalam sistem operasi bawaan.

Screenshot sendiri merupakan gambar digital yang menunjukkan isi layar laptop. Gambar screenshot biasanya digunakan untuk berbagi dengan orang lain agar orang tersebut dapat melihat apa yang kita lihat di layar laptop.

Cara paling praktis untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menggunakan tombol Windows dan tombol Print Screen pada keyboard secara bersamaan sehingga screenshot langsung tersimpan di laptop Anda.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman yang ingin Anda ambil screenshot di laptop
  • Kemudian tekan kombinasi tombol Windows dan pada saat yang sama mencetak layar pada keyboard Anda
  • Kemudian layar laptop Anda akan berkedip secara otomatis, menunjukkan bahwa perangkat sedang mengambil tangkapan layar.
  • Setelah itu screenshot akan otomatis tersimpan di laptop anda, untuk melihat screenshot anda hanya perlu membuka folder penyimpanan di laptop anda.
Contoh laptop.  (Unsplash/Bram Naus)
Contoh laptop. (Unsplash/Bram Naus)

Selain langkah-langkah yang tercantum di atas, jika Anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, cara lain untuk mengambil tangkapan layar di laptop adalah dengan menggunakan tombol Windows dan volume turun, yang dapat Anda lakukan secara langsung. Cara ini mirip dengan mengambil screenshot di ponsel atau perangkat tablet, kecuali langkah-langkah lengkapnya:

  • Buka layar yang ingin Anda ambil tangkapan layar
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Windows di bagian bawah layar Microsoft Surface Anda dan tekan tombol Volume Turun
  • Setelah itu, layar perangkat Microsoft Surface Anda akan meredup dalam waktu singkat, menandakan bahwa proses screenshot sedang berlangsung.
  • Tunggu beberapa saat kemudian script yang anda download akan otomatis tersimpan di folder penyimpanan di laptop anda.

Beginilah cara screen shot di laptop secara langsung menyimpan berbagai informasi penting yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menyimpannya dari layar laptop. Bagaimana Anda ingin mempraktekkan cara di atas? Semoga berhasil, semoga berhasil!

Kontributor: Jeffrey Francisco


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news